oleh

Bupati Serahkan KIS PBI-APBD Untuk 3.199 Warga Muratara

Penyerahan Bersamaan dengan Muratara Expo ke-5

3.199 Jiwa terima Kartu Indonesia Sehat (KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) – APBD Kabupaten Muratara. Penyerahan KIS PBI-APBD dilakukan Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat kepada sepuluh orang yang berhak menerimanya. Sebagai simbolis yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pembukaan Muratara Expo ke- 5 Tahun 2018 di Lapangan Silampari, Kelurahan Muara Rupit, Kecamatan Rupit, Senin (25/6).

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat dalam sambutannya merasa gembira karena kegiatan ini kerjasama antara Pemkab Muratara dan BPJS Kesehatan.

“Untuk itu, atas nama pemerintah Kabupaten Muratara merasa gembira dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara ini,” kata Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat.

Dijelaskannya, Pengintegrasian Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke program JKN secara bertahap ini merupakan bentuk komitmen dari Kabupaten Muratara dalam mendukung program strategis nasional dengan target Universal Healt Coverage (UHC) pada tahun 2019 nanti.

Dalam kesempatan ini juga, Bupati Muratara menghimbau kepada segenap pelaku usaha, masyarakat umum kabupaten Muratara untuk mendaftarkan diri. Begitu juga bagi badan usaha dan karyawannya agar mendaftar sebagai peserta program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Marilah kita saling tolong-menolong dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kabupaten Muratara pada khususnya,” harap HM Syarif Hidayat.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Lubuklinggau, Ibu Eka Susilamijaya, SE dalam sambutannya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemkab Muratara, atas dukungan dan sinergi penyelenggaraan JKN ini.

“Pada saat ini BPJS Kesehatan sudah memasuki tahun kelima, penyelenggaraan JKN KIS, sehingga dalam kurun waktu tersebut sudah banyak peserta penerima berbagai manfaat tanpa mengeluarkan biaya yang besar berkat kerjasama dan kesadaran para pesertanya dalam menyukseskan program JKN KIS khususnya penerima upah di berbagai sektor, baik sektor BUMN,Pemerintahan maupun swasta,” paparnya.

Selama lima tahun ini, banyak masyarakat tertolong, dari data selama tahun 2017 angka pemanfaatan di BPJS kantor cabang Lubuklinggau yaitu 5.500 lebih kunjungan.

“Di Muratara sudah tiga ribu jiwa masyarakat tidak mampu telah dijamin oleh pemerintah Kabupaten Muratara, melalui APBD,” sebutnya.

Lebih lanjut, sesuai dengan amanat Undang-undang nomor. 24 tahun 2011 pemerintah menargetkan paling lambat 1 Januari 2019 seluruh penduduk Indonesia sudah menjadi peserta program JKN KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.(12)

Rekomendasi Berita