oleh

Bupati Musi Rawas Minta Perencanaan Pembangunan dengan Matang

LINGGAUPOS.CO.ID- Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud meminta bawahannya untuk melakukan perencanaan pembangunan dengan matang, dengan mengacu ke aturan hukum yang ada.

Menurutnya, jika perencanaan disusun dengan baik, tidak melanggar kaidah hukum, akan memberikan dampak pembangunan yang positif. Sehingga setiap perencanaan program pembangunan yang dilakukan dapat berjalan maksimal.

“Saya berharap dokumen perencanaan disusun dengan baik, dengan memperhatikan seluruh kaidah dan aturan hukum yang berlaku,”kata Hj Ratna Machmud Amin ketika membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 tingkat Kabupaten di Kabupaten Mura.

Disampaikannya, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), program pembangunan tidak perlu terlalu banyak. Sebab, kalau dicicil-cicil pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), program yang dilakukan tidak kelihatan hasilnya.

“Jadi, tidak perlu banyak-banyak program. Cukup tiga atau empat program saja, dengan mendukung mendukung visi dan misi kami saat pencalonan dulu. Seperti, semua jalan mulus, program harus difokuskan disitu, jangan. Sehingga, masyarakat melihat dan menikmati langsung program yang dijalankan pemerintah, karena program yang dilakukan berjalan sampai tuntas,”katanya.

Maka dari itu, orang nomor satu dijajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura ini mengajak seluruh OPD merencanakan secara matang program kerja yang akan dilakukan. Apalagi, semua tahapan sudah dilalui, mulai dari Musrenbang tingkat Desa/Kelurahan hingga Kecamatan.

“Jadi, Musrenbang yang kita lakukan ini bukan hanya seremonial saja. Tapi, bagaimana caranya kita untuk mencurahkan seluruh pemikiran kita untuk menjadikan Mura Mantab,”jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Mura, H Nanti Kasih mengatakan seluruh hasil Musrenbang tingkat kecamatan telah disampaikan kepada OPD terkait.

“Semuanya telah disampaikan ke OPD terkait, dan diselaraskan dengan program Mura Mantab, yang juga diselaraskan dengan program pemerintah provinsi dan pusat,”katanya.

Bahkan, pihaknya di Bapeda akan menjalankan instruksi langsung Bupati Mura Hj Ratna Machmud, yang meminta untuk menfokuskan pada program-program perioritas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Semuanya sudah dibahas, sesuai dengan arahan Bupati Mura Hj Ratna Machmud,”tutupnya.(*)

Rekomendasi Berita