oleh

Bupati Musi Rawas Ajak Masyarakat Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

LINGGAU POS ONLINE – Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan mengajak masyarakat Musi Rawas menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini diungkapkan dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) di Lapangan Sepakbola Desa Sukamulya Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas, Senin (26/8/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Musi Rawas (Mura) menggelar acara Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS). Acara dihadiri Forkompinda Kabupaten Mura, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Mura, Camat, Lurah, Kepala Desa (Kades), perwakilan sejumlah perusahaan, pelajar dan masyarakat.

Kepala DLH Kabupaten Mura, Hermerrudin mengatakan, acara Peringatan HLHS mengusung tema “Biru Langitku, Hijau Bumiku”.

Dimana-mana, dari makna tersebut untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melakukan tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran hidup agar dapat mencintai lingkungan agar pengelolaan hidup dapat baik,” jelas Hermerrudin.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa, sebelum pelaksanaan peringatan HLHS maka pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya, sosialiasi dan penilaian Adiwiyata tingkat Provinsi, lomba foto lingkungan bagi pelajar dari tingkat SD-SMA, lomba lukis, sosialiasi bank sampah, penilaian kampung hijau, penanaman pohon dan pelepasan burung secara simbolis yang nantinya dilakukan Bupati.

“Hari ini juga akan dilaksanakan penyerahan hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba-lomba termasuk penyerahan bantuan-bantuan,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya dengan terselenggaranya HLHS yang menggunggah semua pihak pentingnya menjaga lingkungan hidup.

“Untuk saat ini kita terus menggalakkan bersama-sama melakukan penghijauan mulai dari Bupati, OPD, Camat dan Kades guna menggerakan rakyatnya secara bergotong royong,” tutur Hendra.

“Hampir setiap tahun visi misi Mura menanam 3 tahun yang lalu harus menjadi darah daging untuk menanam dan diterapkan setiap sekolah ketika akan penerimaan anak sekolah sebanyak 5 bibit pohon mulai dari anak SD, SMP dan SMA,”paparnya.

Selain menanam, upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak merusak ekosistem sungai dengan cara memutas, menyetrum dan lain sebagainya. Disamping itu, ia meminta agar Camat dan Kades mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Intinya moment HLHS ini menyadarkan kita semua untuk terus menjaga lingkungan dan alam dari kerusakan,”pungkasnya. (*)
Laporan Daulat

Rekomendasi Berita