oleh

Bupati Muratara Dapat Lencana Melati

BUPATI Musi Rawas Utara (Muratara), HM Syarif Hidayat kembali mencatatkan sejarah di tingkat nasional. Bupati Daerah Otonomi Baru (DOB) yang berusia lima tahun ini kembali mendapatkan penghargaan berupa Lencana Melati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Muratara.

Penghargaan dari Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diberikan karena telah memajukan Pramuka, salah satunya dengan pembangunan Bumi Perkemahan Pramuka standar nasional di Muratara.

Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Joko Widodo yang hadir dengan menggunakan seragam Pramuka saat tiba di lokasi kegiatan di Lapangan Gajah Madha Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur Jakarta Timur, Selasa (14/8) sekitar pukul 16.00 WIB disambut oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Indonesia, Adhyaksa Dault.

Dilanjutkan dengan menyaksikan berbagai atraksi dan kesenian tari dari anggota pengurus Pramuka.

Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-57 tahun dengan menyampaikan pesan-pesan kepada generasi muda khususnya bagi adik-adik Pramuka.

Jokowi berpesan kepada adik-adik Pramuka agar tetap semangat, berinovasi dan terus dan harus menjadi garda terdepan untuk kemajuan bangsa dan mempererat NKRI khususnya pada masa era saat ini yang penuh dengan tantangan.

Jokowi mengungkapkan, walaupun usia gerakan Pramuka semakin bertambah, tapi dirinya minta generasi muda khususnya adik-adik Pramuka di seluruh daerah harus tetap selalu produktif dalam berkarya, inovatif dan kreatif, harus selalu menjadi yang terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan RI,” tutur Jokowi.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengungkapkan rasa bangga atas penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI, Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka pada HUT Pramuka ke-57 tahun ini.

“Kita bangga atas penghargaan Lencana Melati oleh Pak Presiden pada HUT Pramuka ke-57 tahun, dan terima kasih kepada pihak pelaksana, Kwarnas Pramuka,” tutur HM Syarif Hidayat saat menghadiri HUT Pramuka di Cibubur.

Menurut HM Syarif Hidayat Lencana Melati ini sebagai bentuk penilaian atas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara terhadap dunia Pramuka seperti pembangunan Bumi Perkemahan (Buper) beserta fasilitasnya yang dinilai bertaraf nasional.

Lebih lanjut, Bupati Muratara menambahkan penghargaan ini tentunya harus menjadi motivasi bagi masyarakat Kabupaten Muratara khususnya para pengurus Kwarda Pramuka Muratara. Sebagaimana pesan Presiden Jokowi, Gerakan Pramuka harus hindari narkoba.

“Dengan gerakan Pramuka dapat menjadikan generasi muda memiliki masa depan yang berkarakter, mandiri, kreatif dan berjiwa Pancasila, religius terhindar dari Narkoba,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia, Adhyaksa Dault pada saat menyampaikan laporan HUT Pramuka ke-57 tahun membacakan sekilas akan sejarah berdirinya Gerakan Pramuka.

Adhyaksa Dault menjelaskan, Gerakan Pramuka merupakan rumah bersama yang menjadi lem perekat NKRI.

Adyaksa Dault mengingatkan pengurus, pembina boleh berganti tapi panji-panji tunas kelapa harus terus berkibar.

“Harapan pemimpin negeri ini, dari adik-adik Pramuka,” imbuhnya. (12)

Rekomendasi Berita