oleh

Bupati Komitmen Siapkan Lahan Untuk SAD

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat komitmen untuk penyelesaian masalah ganti lahan untuk Suku Anak Dalam (SAD) Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Nibung.

“Kami akan mengganti lahan seluas 1.400 Hektare (Ha) milik SAD dengan lahan eks PT Agro Sawit Lestari (ASP). Izin lahan Eks PT ASP ini akan berakhir 20 April 2018 mendatang,” jelas HM Syarif Hidayat kepada Linggau Pos, Sabtu (14/4).

Sementara itu, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Muratara, Defri Fauzul Azim ikut membenarkan.

“Memang izin PT ASP untuk menggunakan lahan 3.000 Ha akan berakhir 20 April 2018 ini. Namun, belum ada wacana atau pembahasan untuk memberikan izin kepada perusahaan lain. Kami juga yakin, Bupati tidak ada menciderai komitmen beliau,” terang Defri Fauzul Azim.

Ia juga menegaskan, Bupati sudah sangat peduli dengan SAD, sampai berkomitmen untuk pengganti lahan SAD yang seluas 1.400 Ha, dengan lahan eks PT ASP.

“Lahan PT ASP yang luasnya 3.000 Ha, kalau untuk ganti rugi SAD masih ada lebih dari separuh. Jadi intinya Bupati tidak menciderai komitmennya,”sebut dia.

Sementara itu, Asisten Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Muratara, Tarmizi menambahkan, sebagaimana amanah Bupati Muratara untuk penyelesaian soal lahan SAD dari eks lahan PT ASP, akan segera ia laksanakan.

“Iya, memang ada rencana untuk memberikan izin lahan kepada perusahaan lain, tapi setelah permasalahan ganti lahan SAD selesai. Kan lahan untuk SAD tidak sampai separuh luasan izin lahan PT ASP,” terangnya.

Lebih lanjut, menurut Tarmizi, pemerintah komitmen sebagaimana keputusan rapat yang dimediasi oleh Komisi IV DPR RI, antara PT London Sumatera (Lonsum), Pemkab Muratara dengan perwakilan masyarakat SAD.

“Pak Bupati komitmen, permasalahan SAD akan diselesaikan, sebagaimana hasil rapat bersama dengan Komisi IV DPR RI,” beber dia.

Sebelumnya, Tim Advokasi SAD Desa Tebing Tinggi Kecamatan Nibung, Abdul Aziz mengatakan, beredar kabar eks lahan PT ASP yang izinnya berakhir 20 April 2018 ini akan dijadikan perkebunan PT London Sumatera (Lonsum).

Menurut Abdul Aziz, jika benar informasi itu, menurutnya akan mencederai komitmen Bupati dalam menuntaskan persoalan SAD. Untuk itulah, Abdul Aziz meminta jangan sampai isu ini menjadi kenyataan.

Hari ini (16/4), pihaknya akan menyampaikan surat kepada Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat langsung. Guna mengingatkan kembali akan komitmen Pemkab Muratara pada saat rapat di Komisi IV DPR RI.(12)

Rekomendasi Berita