oleh

Bupati Ingatkan, Jangan Asal Comot Peserta

MUSI RAWAS – Lomba balita sehat harus dipersiapkan dengan matang, dan para petugas kesehatan mulai dari petugas Puskesmas maupun Polindes harus menyiapkan pesertanya sejak jauh hari. Karena, para petugas kesehatan tersebut sudah diberikan gaji dan proyek untuk mendidik para balita sejak dalam kandungan.

Hal ini disampaikan Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan dalam acara pembukaan Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Mura, Kamis (10/7) di Pendopoan Bupati Mura.

Menurut orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura tersebut, para petugas kesehatan jangan terima beres saja. Misalnya, ketika akan dilakukan perlombaan, baru sibuk mencari peserta yang dianggap layak dan pantas, untuk mengikuti perlombaan.

“Jangan terima beres saja, ketika akan mengikuti perlombaan baru begebuk (mencari, red) anak orang yang dianggap pantas untuk dijadikan peserta. Harusnya dipersiapkan dengan matang, dengan mendidik calon peserta sejak dalam kandungan,” katanya.

Lebih parahnya lagi, peserta yang diperoleh dengan cara mencomot itu, diberikan pengarahan yang berlebihan ketika mewakili beliti dari Kabupaten Mura di tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sehingga, baik anak maupun balita jadi stres, akibat diberikan pengarahan yang berlebihan.

“Ini akan terjadi bila kita tidak siap. Bukannya dapat juara, malah ibu dan anak yang mengikut lomba jadi stres,” jelasnya.

Jadi, setiap perlombaan rutin yang diikuti dan dilaksanakan setiap tahun, harus dilakukan evaluasi baik terhadap kualitas dan kuantitasnya. Karena sudah ada datanya, sehingga sudah diketahui titik lemahnya di mana.

“Jadi, kalau kita sudah berjuang dengan maksimal dan kalah ya tidak jadi masalah. Bila dibandingkan lobi-lobi untuk dapat juara, karena itu tidak bagus. Kita ingin Kabupaten Mura dapat juara dengan cara yang sehat, agar prestasi kita bisa meningkat setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinkes Mura, drg Hj Miftahulummi mengatakan balita harus dididik dengan baik, karena mereka merupakan generasi penerus yang merupakan mata rantai massa depan. (aku)

Rekomendasi Berita