oleh

Bupati H2G Jadikan Pertumbuhan Ekonomi Mura Tertinggi

Nomor 4 di Sumsel

LINGGAUPOS.CO.ID- Kinerja Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura) H Hendra Gunawan (H2G) semakin terukur. Tidak hanya dari sisi layanan publik yang mendapatkan apresiasi dari Ombudsman RI, tetapi dari sisi ekonomi juga menunjukkan hasil yang luar biasa. Tepatnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Musi Rawas  menjadi yang ke-4 terbesar atau tertinggi di Sumatera Selatan (Sumsel) setelah Muara Enim, Pali dan Kota Palembang.

Berdasarkan catatan BPS, pertumbuhan ekonomi Musi Rawas pada 2019 mencapai 5.88 persen. Disebutkan, pertumbuhan didorong oleh semua lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan yang tumbuh 8,75 persen. Sementara, Perekonomian Kabupaten Musi Rawas berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2019 mencapai Rp 19.073,93 miliar dan atas dasar harga kontan 2010 mencapai Rp 13.682,20 miliar. Sedangkan distribusi presentase PDRB berdasarkan lapangan usaha masih didominasi pada sektor Pertambangan Penggalian, Pertanian Perikanan, Industri pengolahan dan perdagangan besar serta eceran.

Bupati Mura, H Hendra Gunawan (H2G) mengaku pencapaian tersebut sudah cukup melegakan walaupun memang masih belum mencapai tingkat sempurna.

“Pencapaian ini tentunya menjadi motivasi atau penyemangat untuk bekerja keras, sesuai visi Sempurna (Sejahtera, Mandiri, Produktif, Unggul, Religius, Nyaman dan Aman), walaupun tantangan semakin berat, dengan situasi kondisi sekarang, baik di negara kita, maupun kondisi dunia, khususnya dengan penyebaran infeksi Corona Virus Disease (COVID-19) saat ini,” kata Bupati H2G.

Yang pasti lanjut Bupati H2G, apresiasi dan ungkapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah bekerja bersama dengan Semangat AK5 menjadikan Musi Rawas Sempurna dan membahana di Persada Nusantara.

“Tentunya, di tengah perekonomian yang sulit dengan harga komoditi andalan seperti halnya Sawit dan Karet yang masih terbilang rendah, Alhamdulillah perekonomian kita (Musi Rawas) masih bisa berjalan dengan sangat baik. Menjadi nomor empat di Sumsel untuk tingkat pertumbuhan ekonomi tentunya merupakan pencapaian yang luar biasa dan jelas ini patut kita syukuri,” tegas Bupati H2G.

Menanggapi hal ini Direktur Lembaga Kajian dan Riset Opini Publik Rumah Citra Indonesia (RCI) Ahmad Zulfikar menjelaskan capaian tersebut menjadi nilai plus bagi Musi Rawas dan juga kinerja Bupati 4 tahun lebih ini menjelang Pilkada 2020.

“Hendra Gunawan mampu mengembalikan keadaan dimana pertumbuhan ekonomi Musi Rawas terus konsisten walaupun sempat naik turun di awal jabatannya. Dan yang perlu menjadi catatan Musi Rawas salah satu daerah yang telah ditetapkan bukan lagi Kabupaten tertinggal oleh Pemerintah pusat,” ungkap Alumnus Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta Ini.

Sementara, Direktur Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) Arianto, ST, M Si menjelaskan, apa yang menjadi catatan BPS selaras dengan hasil survei LKPI akhir 2019 lalu.

“Dimana tingkat kepuasan kinerja Bupati H Hendra Gunawan sangat tinggi sekitar 78 persen,” ungkap eks Koordinator LSI Sumsel ini.

Dilanjutkan Alumnus Unsri ini, kepuasan kinerja ini mencakup sektor ekonomi, keamanan, layanan publik dan lainnya.(*)

Sumber Musirawas Ekspres

Rekomendasi Berita