oleh

Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Serta Muratara Resmi Dilantik

LINGGAUPOS.CO.ID – Enam pasangan Bupati terpilih dilantik oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru di Griya Agung, Jumat (26/2/2021). Pelantikan tersebut berlangsung hikmat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati, Wakil Bupati dan pendamping, beserta tamu undangan yang terdiri dari Sekretaris Daerah masing-masing, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), wajib menyertakan surat hasil rapid antigen negatif COVID-19.

Sebagaimana syarat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar pelantikan itu dapat digelar terpusat secara tatap muka.

Upacara pelantikan dimulai pada pukul 14.00WIB, bakda Sholat Jumat. Dimuka acara, para Bupati dan Wakil Bupati terpilih berada dalam satu barisan berbanjar yang masing-masing berjarak satu meter, dipelataran istana gubernur.

Dengan menggunakan pakaian dinas yang serba putih bersih dan atribut berwarna emas berkilap membuat penampilan mereka tampak gagah dan anggun, laksana Demang menghadap sang Raja menuju tampuk kekuasaan.

Urutan dalam barisan diatur sedemikian rupa. Pada barisan urutan pertama ditempati Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur H Lanosin ST – Wakil Bupati HM Adi Nugraha Purna Yudha SH setelah itu diiringi Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar SH – Wakil Bupati H Ardani SH MH.

Kemudian Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud – Wakil Bupati Hj Suwarti, Bupati Ogan Komering Ulu Selatan Popo Ali Martopo BCom – Wakil Bupati Sholehien Abuasir SP MSi, Bupati Musi Rawas Utara Devi Suhartoni – Wakil Bupati Innayatullah.

Terakhir ditempati Wakil Bupati Johan Anuar SH MM. Sementara Bupati Ogan Komering Ulu Drs H Kuryana Azis mengukuti secara Virtual.

Meriahnya tabuhan defile marching band Tentara angkatan udara dan satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Sumsel, mengiringi setiap langkah mereka memasuki gedung istana gubernur.

Setibanya diinjakan kaki pertama di dalam gedung, mereka disambut Gubernur yang sudah siap memberikan tabung silinder berwarna merah berisikan Surat Keputusan (SK) penetapan Bupati-Wakil Bupati dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Berikut ialah prosesi pertama yang dilakukan tertutup.

Lalu tibalah pada prosesi pengambilan sumpah jabatan dan penyematan pangkat jabatan di Pendopoan Griya Agung. Prosesi ini sungguh menguras emosional, menyebutkan nama tuhan diatas komitmen melayani kemaslahatan masyarakat, menegakkan keadilan bukan untuk

Deru mengatakan, bahwa sumpah ini disaksikan oleh tuhan yang maha esa karena tuhan itu maha mendengar maha mengetahui. Sumpah ini hendaknya diucapakan dengan kesadaran dengan kemauan yang sungguh-sungguh.

“Demi Allah saya bersumpah. Akan memenuhi kewajiban saya sebagai bupati dengan sebaik baiknya. Memegang teguh undang-undang dasar 1945. Dan menjalankan segala undang – undang dan aturannya dengan selurus-lususnya. Serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa ” kata para Bupati dan Wakil Bupati terpilih mengiringi Gubernur. Dengan begitu resmilah mereka, prosesi pelantikan selesai. (*)

Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita