oleh

Bupati Bisa Berhentikan Kades

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – 147 Kepala Desa (Kades) yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi menandatangani pakta integritas, Kamis (4/10). Hal ini dilakukan sesuai dengan Undang-undang (UU) No.6 Tahun 2014 tentang Desa pasal 26 tentang hak, tugas serta kewajiban Kades.

Dengan ditandatanganinya pakta integritas ini, para Kades sepakat mendukung seluruh program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang dalam rangka mewujudkan Empat Lawang yang Makmur, Aman, Damai, Agamis, Nasionalis serta Indah (Madani).

“Bagi Kades yang tidak melaksanakan Pasal 26 UU tentang Desa, maka diberikan sanksi. Pertama sanksi administratif dan pemberhentian sementara. Namun apabila pelanggaran sudah berat maka bupati berwenang untuk melakukan pemberhentian,” tegas Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad saat silaturahmi dengan seluruh camat, lurah serta Kades di Kabupaten Empat Lawang, Kamis (4/10).

Dikatakannya, pemerintah nanti akan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) tes urine untuk mengetahui apakah Kades di Empat Lawang bebas dari narkotika atau belum.

“Nanti kami akan adakan sidak, kita akan tes urine setiap Kades. Kalau ada Kades yang terbukti menggunakan Narkoba maka tidak ada ampun. Kami akan berantas Narkotika sampai ke akar akarnya,” tegasnya.

Dilanjutkannya, selain akan menindak tegas setiap Kades-Kades nakal, pemerintah juga akan meningkatkan Alokasi Dana Desa (ADD) agar bisa maksimal dalam membantu mewujudkan keamanan tingkat desa.

“Saya sudah perintahkan Sekda untuk 2018 ini ADD 10 persen untuk mengangkat salah satu masyarakat menjadi pengaman desa yaitu masyarakat yang berwibawa, disegani dan ditakuti di desa tersebut untuk diangkat menjadi pengaman desa dan digaji dengan alokasi dana desa,” ungkapnya. (cw2)

Rekomendasi Berita