oleh

Bupati Apresiasi Inovasi Program Mura Sempurna Cerdas

TAK sekadar seremonial, Program Mura Sempurna Cerdas tahun 2018 dikemas lebih apik dan menyentuh langsung kepada anak didik di satuan pendidikan. Perdana kemarin, Selasa (30/1) Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas, dr Hj Noviar Marlina kunjungan langsung ke Kecamatan Tugumulyo, untuk memantau inovasi baru yang digagas Tim Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas itu.

Pertama, sejak pagi Bupati Musi Rawas didampingi Kadisdik H Sukamto datang ke Sekolah Hijau SD Negeri 1 Sukomulyo. Di sekolah ini, tak hanya penghijauan yang digalakkan. Namun juga ada kelas inspirasi, yang nantinya secara berkelanjutan, sekolah akan mengundang tokoh-tokoh inspiratif untuk membagi ilmunya ke peserta didik. Dan kemarin, para peserta didik mendapat kejutan. Karena inspirator yang datang adalah Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, yang memberikan suntikan semangat kepada mereka untuk terus giat belajar. Di sekolah itu, juga terus digiatkan program peningkatan kompetensi guru dan siswa. Sehingga diharapkan akan melahirkan alumni yang benar-benar tergali potensinya secara positif dan maksimal.

Setelah itu, dengan menggunakan sepeda, H Hendra Gunawan didampingi H Sukamto menuju SDN H Wukirsari. Sekolah terakreditasi A ini menjadi pilot project Disdik sebagai Sekolah Ramah Anak, Sekolah Sehat juga memiliki Kelompok Belajar dan Bermain.

Program Belajar Sambil Bermain di sekolah ini, melibatkan siswa-siswi dari SD/MI dan SMP/MTs sederajat di Kecamatan Tugumulyo. Yang realisasinya dibantu oleh para guru Program Indonesia Mengajar.

Nah, ketika Bupati dan Kadisdik serta rombongan tiba di sekolah yang dipimpin Maryani itu, langsung disambut dengan anak-anak yang memainkan permainan tradisional egrang. Dilanjutkan dengan edukasi pembiasaan cuci tangan, makan sayur dan buah, juga gosok gigi setelah makan dan menjelang tidur. Tim dari Dinas Kesehatan (Puskesmas C Nawang Sasi) juga dari Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Musi Rawas datang langsung untuk memantau program yang juga melibatkan mereka ini.
Bahkan, masih di SDN H Wukirsari juga dilakukan penandatanganan deklarasi Sekolah Ramah Anak Menuju Musi Rawas Layak Anak 2018 yang ditandatangani puluhan Kepala SD dan SMP sederajat di Kecamatan Tugumulyo, KUPT Pendidikan Tugumulyo, Wartono, Camat Tugumulyo Sugiyatno dan Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan program Penuntasan Buta Aksara, penyelesaian peserta didik yang dropout dan pemutusan buta aksara tulis Alquran di SKB Tugumulyo. Di Aula SKB Tugumulyo ini pula, H Sukamto menjelaskan inovasi yang dilakukan Disdik Musi Rawas dalam mengonsep program Mura Sempurna Cerdas ini diharapkan bisa mempercepat perwujudan Mura Sempurna.

“Kita patut bersyukur, pelan namun pasti kualitas pendidikan maupun layanan pendidikan di Musi Rawas semakin meningkat. Nah, konsep Program Mura Sempurna Cerdas yang baru ini tidak hanya akan dilakukan di Kecamatan Tugumulyo. Namun merata, di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Jadi bukan seremonial saja. Tapi ada Sekolah Hijau, Sekolah Ramah Anak, Program Penuntasan Buta Alquran dan masih banyak lagi. Ini semua dilakukan, untuk meningkatkan mutu putra-putri Musi Rawas,” jelasnya.

Ia juga meyakini, untuk mewujudkan konsep-konsep Mura Sempurna Cerdas tadi tak bisa hanya dilakukan Disdik saja. Melainkan butuh dukungan dan inspirasi ide dari Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, termasuk camat juga Kades.

“Sebab, sekolah-sekolah yang dipilin sebagai pilot project ini juga atas rekomendasi dari hasil penilaian camat, Kades, juga KUPT Pendidikannya. Dengan harapan, ketika sudah menjadi Sekolah Ramah Anak atau Sekolah Sehat, maupun Sekolah Hijau, harus bisa menularkan (mengimbaskan) ke sekolah-sekolah lainnya. Sehingga ke depan, semua sekolah di Musi Rawas bagus semua,” harapnya.

Selain itu, Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan kemarin mengapresiasi inovasi yang dilakukan Disdik dalam menggiatkan program Mura Sempurna Cerdas ini. Ia juga meminta kepada kepala sekolah, memotivasi peserta didiknya untuk senantiasa menjaga lingkungan.

“Terutama ingatkan kepada guru dan warga sekolah, jangan merokok. Sampaikan juga ke anak-anak untuk mencintai tanaman. Kalau perlu hijaukan semua sekolah-sekolah di Musi Rawas ini. Jangan sampai ada sejengkal tanah pun yang tidak termanfaatkan. Kalau kita menanam setiap hari, insya Allah kita sudah ikut serta menjaga bumi ini dari krisis oksigen. Sehingga menanam itu memang penting. Jadi giatkan lagi itu,” harapnya.

Bupati juga berpesan kepada Kades dan Camat untuk ikut serta melibatkan diri dalam mencegah putra-putri Musi Rawas putus sekolah.

“Jangan sampai ada anak kita yang tidak sekolah. Minimal 12 tahun, atau lulus SMA sederajat. Maka, kalau ada anak-anak yang belum tamat SMA didata. Kita bantu untuk bisa melanjutkan atau masuk paket kesetaraan. Ini penting. Tidak bisa hanya mengandalkan Disdik. Kita semua harus ikut serta menyukseskan program Mura Sempurna Cerdas ini,” imbuhnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita