oleh

Bulan Bakti dan Pelunasan PBB-P2 2017 Perdana BKD, Sukses

Dapat Memotivasi Dalam Pembayaran PBB-P2 di Seluruh Desa dan Kecamatan

PERDANA Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Badan Keuangan Daerah (BKD), sukses menyelenggarakan kegiatan Bulan Bakti dan Pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Remban Kecamatan Rawas Ulu yang dihadiri oleh seluruh Kepala Desa (Kades), Lurah, Camat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut untuk memotivasi masyarakat, desa dan kecamatan untuk melakukan pembayaran PBB-P2, Kamis (16/11).

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengapresiasi terselenggara kegiatan Bulan Bakti dan pelunasan PBB-P2 tersebut, selain adanya peningkatan terhadap partisipasi masyarakat dalam pelunasan PBB-P2, dapat merangsang bagi desa dan kecamatan yang belum target.

“Sata setuju dilaksanakan agar dapat merangsang bagi Kecamatan yang belum target dalam pelunasan PBB-P2 untuk lebih ditingkatkan, apalagi realisasi PBB-P2 dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Terima kasih kepada BKD,” kata Syarif Hidayat

Tentunya pemberian penghargaan kepada Desa, Kecamatan yang tinggi dalam partisipasi bagus untuk memotivasi masyarakat dalam membantu peningkatan pembangunan daerah.

“Terima kasih kepada kecamatan dan desa yang meraih penghargaan pelunasan PBB, Harapannya menjadi contoh dan motivasi bagi desa dan kecamatan lainnya,” tambahnya.

Menurut Syarif Hidayat, pajak merupakan potensial dalam membantu pembangunan daerah, sehingga pengelolaan PBB harus tetap ditingkatkan oleh seluruh pihak terkait, Khususnya BKD Kabupaten Muratara.

Diharapkan, BKD terus meningkatkan kas daerah dalam hal ini Pendapatan Asli Daerah (PAD), dengan menggali sumber potensi yang ada.

“Tahun depan tidak ada lagi desa, Camat yang tidak lunas. Jangan ada yang hanya terealisasi 29,16 %. Camat, Kades kedepan lebih intensif dan agresif melakukan sosialisasi agar masyarakat berpartisipasi dalam membayar pajak, Bagi masyarakat diharapkan untuk memenuhi kewajiban selaku warga negeri yang baik,” pinta Syarif Hidayat.

Sementara itu, sebelumnya Kepala BKD Kabupaten Muratara, Duman Fachsyal melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan, Amirul menyampaikan untuk capaian target dan realisasi PBB-P2 sejak tahun 2015 mengalami peningkatan.

Pada tahun anggaran 2015 untuk pendapatan PBB-P2 sebesar 65,61 %, tahun anggaran 2016 sebesar 66,30 % dan anggaran tahun 2017 mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 74,58 %.

“Dari 82 desa dan 7 kelurahan di wilayah Kabupaten Muratara, yang sudah melunasi PBB-P2 yakni sebanyak 78 desa/kelurahan sementara, yang belum lunas sebanyak 11 desa, diharapkan dengan adanya Kegiatan ini dapat memotivasi desa dan kecamatan untuk pembayaran PBB-P2 kedepannya,” kata Amirul.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita