oleh

Buktikan dengan KK dan KTP

Coklit Data

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – 400 Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Kota Lubuklinggau melakukan apel siaga yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri, Sabtu (20/1) pukul 08.00 WIB.

Dalam arahannya, Efriadi Suhendri meminta kepada anggota PPDP untuk memperhatikan masyarakat yang berhak dinyatakan sebagai pemilih. Terutama yang sudah berusia 17 tahun atau yang sudah menikah, untuk memperbarui data yang sudah ada.

“Bukan tidak mungkin, ada warga yang sudah pindah atau meninggal dunia masih terdaftar. Nah, ini tugas PPDP jangan sampai pada saat pencoblosan ada warga yang tidak terdata,” katanya.

Kemudian, dilanjutkan Eef sapaan Ketua KPU Lubuklinggau, PPDP juga harus jeli dan teliti dalam melakukan pendataan, misalnya berdasarkan data yang ada di PPDP di rumah si A ada lima orang, namun dikarenakan sudah menikah dan pindah, anggota keluarganya tinggal dua orang. Jadi, PPDP harus mencoret data tiga orang yang pindah tersebut, dan menempelkan stiker yang sudah diisi jumlah anggota keluarganya.

Ditambahkan, Efrizal selaku Divisi Logistik KPU Kota Lubuklinggau PPDP jangan mencatat masyarakat yang tidak terdaftar di wilayah Kota Lubuklinggau, walaupun yang bersangkutan sudah berdomisili di situ puluhan tahun.

“Ingat, yang dicatat cuma masyarakat yang terdaftar sebagai warga Kota Lubuklinggau, dan itu dibuktikan dengan KK dan KTP. Kalau itu (KK dan KTP,red) tidak ada jangan dimasukkan dalam data yang merupakan cikal bakal DPS (Daftar Pemilih Sementara, red),”tegasnya.

Selain itu, dilanjutkan Efrizal, PPDP juga harus memberikan laporan mengenai hasil kerjanya, berikut foto-foto ke PPS, kemudian PPS melanjutkan laporan tersebut ke PPK pada Minggu (21/1). Selanjutnya diteruskan PPK ke KPU, pada Rabu (23/1) yang akan diteruskan ke KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Jumat (25/1).

“Jadi, kami meminta kepada PPDP untuk bekerja dalam melaksanakan tugasnya, karena rendah dan tingginya partisipasi pemilih berada di pundak kalian,” jelasnya.

Untuk diketahui, seluruh komisioner KPU Kota Lubuklinggau ikut melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit). Efriadi Suhendri ikut men-coklit H SN Prana Putra Sohe, Lukman Hakim mencoklit, H Sulaiman Kohar. Gatot Widjianto mencoklit H Rustam Efendi, Debi Arianto mencoklit Sofian, dan Efrizal mencoklit H Toyeb Rakembang.

Dengan didampingi anggota KPU dan anggota Panwaslu Lubuklinggau masing-masing tim begerak mendatangi rumah kandidat, seperti Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Wakil Walikota, H Sulaiman Kohar, Toyeb Rakembang-sofyan, dan Rustam-Riezky. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita