oleh

Bukit Cogong Kurang Diminati Pengunjung

LINGGAU POS ONLINE – Bukit Cogong di Desa Sukakarya, Kecamatan STL Ulu Terawas masih kurang diminati. Pasalnya banyak fasilitas seperti gazebo mulai ditumbuhi dan dikelilingi rumput.

Selain itu, akses jalan masuk menuju tempat wisata alam ini buruk, serta hanya memiliki jalan setapak tetapi bisa dilewati kendaraan roda empat dan yang di kanan kirinya di tumbuhi semak belukar.

Sapardi (40) warga setempat mengatakan objek wisata Bukit Cogong sudah sangat lama tidak difungsikan lagi, terutama sejak 2013 dan sejumlah fasilitas pendukung mengalami kerusakan dan tidak diperbaiki.

Ditambahkannya, akses jalan desa mulai rusak parah, hal itu diperkirakan membuat masyarakat atau pengunjung enggan berkunjung ke Bukit Cogong kembali.

“Kalau ini masih aktif banyak masyarakat jualan, kemudian pemuda-pemuda di sini ada pekerjaan jaga parkir, kalau sekarang tidak ada lagi, sayang betul tidak dimanfaatkan lagi,” kata Sapardi.

Menurutnya, dulu wahana di Bukit Cogong lengkap seperti kebun binatang, ada siamang,  landak, ular,  kuda, iguana. Kemudian wahana permainan anak-anak ada ayunan, trombolin dan sepeda gantung.

“Sekarang masih ada permainannya, namun banyak yang sudah rusak. Kalau hewannya tidak ada lagi,” ucapnya.

Dirinya berharap objek wisata Bukit Cogong kembali dijadikan ekosistem seperti dulu, bisa sebagai tempat wisata dan tujuan berakhir pekan masyarakat Kabupaten Mura.

Wakil Bupati Mura, Hj Suwarti mengatakan sebenarnya maju atau tidaknya objek wisata tergantung dari pemerintah setempat dan masyarakatnya. Karena, jika keamanannya terjamin dan kenyamanan pengunjung terjaga. Maka akan pasti objek wisata akan maju dan berkembang.

“Contohnya saja parkir, jangan mahal-mahal. Karena kalau mahal dan memaksa maka tidak akan mungkin lagi pengunjung mau datang,” kata Suwarti.

Dirinya berpesan kepada warga setempat terutama kepada Camat dan Kades. Jika objek wisata ingin maju, supaya bersosialisasi dengan masyarakat untuk bersama menjaga keamanannya. (dlt)

Rekomendasi Berita