oleh

Buffon Kembali ke Juventus

LINGGAU POS ONLINE– Hanya setahun meninggalkan Juventus, ternyata Gianluigi Buffon tak kerasan di klub barunya Paris Saint Germain (PSG). Musim panas ini, kiper gaek berusia 41 tahun itu akhirnya resmi kembali ke Turin untuk memperkuat Juventus musim depan.

Memang, sejak semula Buffon tak bisa dipisahkan dengan Juventus. Dia adalah legenda klub asal kota Turin itu. Saat dia berpamitan untuk pindah ke PSG, banyak yang menangisi kepergiannya.

Buffon sudah menjadi pembicaraan sejak masih berusia belia, tepatnya ketika ia memperkuat Parma. Buffon sukes mempersembahkan gelar Coppa Italia dan Piala UEFA bagi klub berjuluk Gialloblu tersebut.

Performanya yang luar biasa, Juventus kemudian menggaet Buffon pada 2001 silam dengan biaya mencapai 52 juta Euro. Transfer itu sekaligus membuatnya menjadi kiper termahal di dunia saat itu. Mahalnya biaya transfer ini dibayar Buffon dengan prestasi yang luar biasa. Dia mempersembahkan total sembilan scudetto bagi Bianconeri.

Kembalinya Buffon ke Turin disampaikan Si Nyonya Tua di situs resmi mereka. “Setelah setahun bersama Paris Saint-Germain, tempat Gigi terdaftar melakukan penyelamatan sebanyak 73,5 persen dari upayanya, memenangkan 13 dari 17 pertandingan yang dimainkan di Ligue 1, dan menambahkan gelar liga Prancis bersama dengan Piala Super ke kabinet trofinya yang luar biasa, Gigi telah resmi kembali ke Juventus. Buffon kembali ke rumah!” Demikian pernyataan dari pihak Juventus di situs resminya.

Buffon akan memperkuat Juve selama satu tahun ke depan. Namun beda dari sebelumnya, Buffon akan menjadi kiper kedua setelah Wojciech Szczesny. Dan saat tiba di Juventus, Szczesny menawarinya untuk mengenakan jersey nomor 1. Bahkan, Buffon juga ditawari ban kapten yang selama ini dikenakan Girgio Chiellini.

Saya bukanlah seseorang yang ingin mengambil sesuatu dari orang lain. Saya berpikir untuk memakai nomor 77,” ujar Buffon kepada reporter. Buffon memang akhirnya memilih untuk memakai nomor punggung 77, nomor punggung yang pernah dia kenakan semasa membela Parma.

Sebenarnya, PSG masih ingin mempertahankan Buffon di Paris selama setahun ke depan. Namun, Buffon memilih pulang ke Turin setelah kontraknya berakhir pada musim panas ini. Sebelum bergabung dengan Juventus, sejumlah gosip menerpa eks kiper Parma ini. Di antaranya, Buffon disebut akan berlabuh ke klub divisi Championship di Inggris, Leeds United.

Kemudian ada kabar yang menyebutkan bahwa dia akan mendarat di Porto. Ia didapuk untuk menggantikan Iker Casillas yang diperkirakan akan pensiun usai terkena serangan jantung.
Di Juventus, Gianluigi Buffon menjadi rekrutan keempat setelah Aaron Ramsey, Luca Pellegrini dan Adrien Rabiot. “Saya memutuskan untuk kembali. Ketika keluarga memanggil, satu-satunya jawaban yang mungkin adalah ‘saya di sini’. Ini adalah awal dari babak baru dalam perjalanan panjang saya,” tulis Buffon di akun pribadinya. (wsa/fin)

Rekomendasi Berita