oleh

Budaya Sedekah Bumi di Muratara Harus Dilestarikan

LINGGAU POS ONLINE – Guna mempererat tali silaturahmi, warga Desa Kelupang Jaya Kecamatan Nibung Kabupaten Muratara adakan kegiatan Sedekah Bumi. Kegiatan ini mereka laksanakan di jalan desa Kelupang Jaya, Jumat (6/9).

Kepala Desa (Kades) Kelupang Jaya, Malaka Hendri saat dibincangi mengatakan tradisi Sedekah Bumi telah

mulai dilakukan oleh warganya sejak tahun 2018. Dijelaskan Hendri, Sedekah Bumi bertujuan mempererat tali persaudaraan antar warga, serta meminta keberkahan dan keselamatan dari maha pencipta.

“Tradisi ini merupakan rasa syukur dari warga atas rezeki dan mengharap keridohan, serta meminta keselamatan,” jelasnya.

Makanan yang dimakan dalam Sedekah Bumi, merupakan kumpulan dari masyarakat, ditambah penyembelihan kambing hasil swadaya masyarakat. Semuanya dimakan secara bersama sama.

“Sedekah Bumi ini hanya diadakan, ketika bulan Muharam saja ini,” tambahnya.

Hingga 7 Muharam, sudah tiga kampung di desanya yang melaksanakan Sedekah Bumi, dan kemungkinan akan bertambah mengingat desanya memiliki empat kampung.

“Tinggal satu kampung lagi, yang mudah-mudahan segera dilaksanakan,” tambahnya.

Dia berharap dengan Sedekah Bumi, desanya terhindar dari marabahaya dan dijauhkan dari musibah.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Muratara, Titin Martini melalui Kabid Pariwisata Zazili menyambut

positif atas Pesta Bumi yang dilaksanakan oleh warga Desa Kelupang Jaya. Dikatakannya, Sedekah Bumi termasuk wisata budaya yang harus dilestarikan dan harus dikembangkan.

“Saat ini DPRD kita sudah membuka lembaga adat, jadi hal tersebut sangat berkaitan, selain Desa Kelupang Jaya, tradisi Sedekah Bumi juga dilaksanakan di beberapa desa lainnya di Muratara seperti di wilayah Bukit Layang,” jelasnya.

“Laporan Fahmilan Jadidi”

Rekomendasi Berita