oleh

Buaya Cucut Sering Masuk ke Kolam Warga

Berhasil Ditangkap

LINGGAU POS ONLINE, TRIKARYA – Sudah lama warga Desa Trikarya, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Musi Rawas resah. Pasalnya seekor Buaya Senyulong atau Cucut dengan panjang sekitar 3 meter dengan berat 100 Kg, seringkali masuk ke kolam milik warga setempat.

Alhasil, warga ketakutan. Tapi perasaan cemas itu kemarin sirna. Sang buaya berhasil ditangkap. Hingga menjadi tontonan warga Desa Trikarya, Kecamatan Purwodadi yang datang ke Mapolsek Purwodadi, tempat Buaya Cucut itu ditangkarkan sementara.

Sebelumnya, Buaya Cucut berhasil ditangkap oleh warga Desa Trikarya, lantaran akan masuk ke kolam ikan milik Paimin (40), warga setempat. Buaya itu diduga akan memakan ikan di dalam kolam tersebut. Oleh Paimin di kolam itu pun dipasang perangkap. Akhirnya, Buaya yang selama ini meresahkan warga masuk perangkap sekitar pukul 21.00 WIB, Minggu (26/3) malam.

Setelah masuk perangkap, Apriyono (32) keponakan Paimin saat mengecek ke kolam memanggil warga. Mereka bersama-sama membantu menangkap Buaya, hingga dibawa ke Mapolsek Purwodadi.

Apriyono di lokasi mengatakan sebenarnya Buaya itu sering muncul ke permukaan dan masuk ke kolam pamannya.

“Sehingga ribuan ikan di dalam kolam dimakan oleh Buaya. Baik itu ikan Patin, Emas, Nila dan Gurami.

Tapi setelah dipasang perangkap buaya itu berhasil ditangkap bersama-sama warga,” kata Apriyono, Senin (26/3).

Pria ini menjelaskan, Buaya itu masuk melalui pojok kolam perbatasan dengan Sungai Ketopak. Buaya diperkirakan masuk ke kolam sudah tiga kalinya. Tapi baru semalam berhasil ditangkap bersama lima warga lainnya. Setelah ditangkap, kemudian langsung dibawa ke Mapolsek Purwodadi sekitar pukul 02.00 WIB, Senin (26/3).

“Saat ini, buaya sudah di Mapolsek untuk diamankan terlebih dahulu,” jelas Apriyono.

Senada, Kades Tri Karya, Sudarmin mengatakan penangkapan Buaya di wilayahnya baru satu kali dilakukan. Tapi sebelum memang sudah pernah Buaya itu terlilit jaring dan mati sendiri di sungai. Sementara Buaya masuk ke kolam milik warga, ini baru pertama kali terjadi.

“Memang di sini banyak habitat buaya, apalagi kalau musim hujan buaya akan naik ke darat, bahkan buaya ini sudah pernah makan satu ekor kambing milik warga. Untuk jenisnya kalau warga disini menyebutnya Buaya Cucut,” tutupnya Sudarmin.(03)

Rekomendasi Berita