oleh

Buat Tebing Tinggi Lebih Maju

EMPAT LAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang akan mengembangkan kawasan jalan poros, yang menghubungkan antara Tebing Tinggi dan Pendopo. Wilayah itu akan menjadi kawasan kota baru di Kabupaten Empat Lawang.

Karena menurut Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad, jalan poros tersebut merupakan daerah pembangunan yang sangat bagus.

“Kalau jalan poros dikembangkan, akan membuat Kota Tebing Tinggi menjadi lebih maju. Saya berkeyakinan sarana dan prasarana di Empat Lawang menjadi lebih baik,” tutur H Joncik, Selasa (8/1).

Tapi memang pembiayaan jalan poros tersebut diakui Joncik membebani APBD, dan dirinya sudah menyampaikan ke Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru (HD). Saat Hari Ulang Tahun (HUT) Empat Lawang, April mendatang HD akan datang ke Empat Lawang.

“Kita akan tukar guling dengan Provinsi Sumsel, sehingga jalan poros jadi jalan provinsi. Dibiayai, dijaga, dipelihara oleh Provinsi Sumsel,” kata Joncik.

Dan rencananya, lanjut Joncik, 2019 ini juga proses pelimpahan jalan poros menjadi jalan provinsi.

“Nanti kalau ada jalan provinsi yang layak untuk menjadi jalan kabupaten seperti jalan Talang Padang-Padang Tepong kita siap,” jelasnya.

Secara prinsip Gubernur Sumsel sudah siap dan juga direncanakan daerah perbatasan jalan poros tepatnya di kilometer 20-21, akan dibangun perkantoran terpadu, bahkan Detail Engineering Design (DED) sudah disiapkan.

“DED-nya kita anggarkan Rp4 miliar untuk persiapan perkantoran terpadu. Setelah itu siap, akan kami bawa ke Kekementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk persentasi. Karena di Kemendagri itu ada dana untuk membangun perkantoran,” imbuhnya. (key)

Rekomendasi Berita