oleh

Buat Taman Bermain dan IPAL Komunal

LINGGAU POS ONLINE – Rencana pembangunan jalan sepanjang sekitar 400 meter di kawasan sepadan Sungai Air Putih di kawasan Kelurahan Pasar Tengah, dan Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup bakal dibuat taman bermain anak. Tak hanya taman bermain, juga Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPAL) Komunal yang nantinya bisa menampung limbah dari rumah warga sekitar.

Kepala Bapedda Rejang Lebong, Asli Samin menjelaskan rencana pembangunan sarana jalan, taman bermain anak, IPAL Komunal dan sarana lainnya melalui program Kotaku tahun 2019 di Rejang Lebong.

“Kalau ini berjalan dengan baik nanti September lelang di pusat dan 2020 pelaksanaannya,” paparnya.

Dijelaskan Asli Samin, dalam proyek pembangunan di sepadan Sungai Air Putih sepanjang sekitar 400 meter dibangun jalan selebar 4 meter kiri kanan.

“Lahan kosong nanti dibuat taman, rumah yang terdampak nanti akan dibangun lagi dan dihadapkan ke sungai, nanti semuanya akan tertata rapi. Nanti juga dibuat penerangan di sepanjang jalan termasuk tong sampah,” paparnya.

Program ini, selain berdampak pada peningkatan kesehatan, juga berdampak meningkatkan nilai ekonomi.

“Bayangkan nanti kalau sudah ada taman bermain ada destinasi wisata baru, nanti bisa juga dibuat kuliner, masyarakat sekitar bisa berdagang, sebab lokasinya berdekatan dengan pasar,” katanya.

Kemudian sambungnya, dampak lainnya yakni mengubah perilaku hidup sehat dengan tidak membuang sampah ke sungai, BAB tidak ke sungai dan menjaga kebersihan sungai.

“Dukungan masyarakat terutama di kawasan sepadan sungai air putih terpenting untuk kelancaran program ini,” harapnya. (sam)

Rekomendasi Berita