oleh

Brisbane International 2019. Duh, Langkah Murray dan Nadal Terhenti

BRISBANE –  Mantan petenis terbaik dunia, Andy Murray dan petenis nomor dua dunia Rafael Nadal terpaksa tak bisa melanjutkan perjuangannya di Brisbane International 2019.

Meski sama-sama terhenti, namun sebab kedua kedua petenis terbaik dunia tersingkir di ajang pemanasan jelang Grand Slam Australia Open itu berbeda.

Murray terhenti setelah kalah dari petenis muda Rusia Daniil Medvedev di babak kedua Brisbane International 2019.

Dalam pertarungan yang digelar di Tennyson, Brisbane, Queensland, Australia, Rabu (02/01) kemarin, petenis kelahiran Glasgow, Skotlandia, 15 Mei 1987 itu kalah dari unggulan keempat tersebut dengan skor 5-7 2-6.

Sebenarnya Murray sempat tampil memukau di babak pertama Brisbane International saat dirinya berhadapan dengan James Ducworth. Meski ia tidak diunggulkan karena jatuh ke peringkat 240 dunia pasca cedera yang dialaminya namun ia masih berhasil mengalahkan petenis tuan rumah itu dengan skor 6-3 dan 6-4.

Namun sayangnya tren positif itu tak mampu diterusi oleh Murray ketika bertanding di babak kedua. Meski sempat memberikan perlawanan yang cukup sengit di set pertama kontra Medvedev. Namun, dia gagal tampil konsisten bermain hingga 47 menit.

Situasi makin pelik ketika memainkan set kedua. Medvedev tidak memberikan peluang hingga akhirnya bisa unggul 4-0. Setelah itu, Murray selalu kesulitan untuk menemukan performa terbaik.

“Dia (MedVedev) melakukan servis dengan sangat baik dan saya tidak benar-benar mendapatkan banyak peluang di permainan servisnya. Dan kemudian pada game layanan saya sendiri, saya membuat beberapa kesalahan terlalu banyak dalam aksi unjuk rasa, terutama sejak awal saya mencoba untuk bermain sedikit lebih ofensif,” ungkap Murray seperti dikutip dari EuroSport, Kamis (3/1) kemarin.

“Di set kedua, saya membuat beberapa kesalahan terlalu banyak, dan jelas ada periode dalam pertandingan dari 5-5 di mana saya kehilangan enam pertandingan berturut-turut. Ketika Anda bermain pemain yang lebih baik … mereka akan mengekspos kesalahan yang Anda buat dalam gim Anda atau tembakan apa pun yang tidak Anda pukul dengan sangat baik. Dan dia melakukan itu,” sambungnya.

Beda dengan Murray yang terhempas karena kalah bertanding, Nadal terpaksa tersingkir dan menarik diri dari turnamen Brisbane International karena mengalami masalah di otot paha kiri.

Nadal mengatakan, sebenarnya ia sangat antusias untuk melanjutkan pertandingan pada turnamen Brisbane International 2019 guna melakukan pemanasan jelang Australia Open yang bakal berlangsung pada 15 Januari, mendatang. Akan tetapi, menurutnya, terpaksa mempertimbangkan kembali saran medisnya.

“Saya melakukan MRI dan itu menunjukkan sebuah pandangan kecil di paha kiri saya. Saya mencoba bermain, saya ingin bermain, tetapi rekomendasi dari para dokter (sebaliknya),” ungkap Nadal.

Lebih lanjut, Nadal mengaku pertimbangannya untuk mundur setelah dijadwalkan akan menghadapi petenis Prancis Jo-Wilfried Tsonga pada putaran kedua Brisbane Internasional, Kamis (3/1) kemarin, tak lepas demi ambisinya untuk bisa tampil di Australian Open.

“Ini adalah hal kecil yang bisa menjadi jauh lebih besar. Ketika Anda bersaing dengan intensitas pada otot, itu bisa menjadi lebih buruk. Saya merasa lebih baik (mundur) daripada yang saya lakukan empat hari lalu bakal berisiko merusak tubuh saya selama satu bulan jika saya bermain di sini,” terangnya.

Guna meneruskan Nadal di turnamen Brisbane Internasional 2019, Lucky Taro Daniel ditunjuk untuk menggantikan tempat Nadal di pertandingan putaran kedua melawan Jo-Wilfried Tsonga.

Johanna Konta Juga Tersingkir

Selain itu, di sektor putri, kabar kurang sedap juga hadir dari Johanna Konta. Ya, petenis nomor satu asal Ingggris itu juga tersingkir di babak kedua turnamen Brisbane International 2019 atas Ajla Tomljanovic.
Meski sempat bangkit dan memberi perlawanan ketat, namun Konta terpaksa menderita kekalahan dengan skor 2-6 dan 6-7.

Meski Brisbane International bukan turnamen prestisius, kekalahan tersebut patut menjadi alarm bagi Konta. Pasalanya, turnamen Brisbane International sedianya digelar sebagai persiapan menghadapi Australian Open 2019. (gie/fin/wsa)

Rekomendasi Berita