oleh

BPTP Sumsel dan Pemkab Muratara Percepat Pendaftaran 3 Varietas Padi Lokal

-Muratara-147 dibaca

LINGGAUPOS.CO.ID – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Sumsel melaksanakan Kegiatan Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal di Kabupaten Musi Rawas Utara ( Muratara ), Rabu (24/3/21)

Terkait hal ini, Ketua Tim BPTP Sumsel Dr Ir Yustisia M.Si dan Anggota Tim Joni Karman S.Si MP dan Fuady Irsan SP M.Si melaksanakan koordinasi di Dinas Pertanian dan Perikanan  Kabupaten Muratara.

Pertemuan dihadiri Kepala Dinas Disperkan Suhardiman yang diwakili Sekretaris Dinas, Mustopo S.Hut MM didampingi Kasi Perbenihan dan Hama Penyakit Tanaman, Pardiman dan Kabid Peternakan, Putut Setya Adi SKM M.Si dan Ade Meiry Siswani SP M.Si.

Dalam pertemuan, Dr Yustisia selaku penanggung jawab kegiatan menyampaikan, varietas lokal Muratara yang akan dikarakterisasi dan  didaftarkan di Pusat PVTPP. Varietas lokal yang sudah terdaftar selanjutnya akan dimurnikan kemudian dapat diperbanyak.

“Perbanyakan varietas lokal yang telah dimurnikan akan menghasilkan benih klas ES (benih sebar).  Diharapkan, pengembangannya oleh Pemda Muratara dalam skala luas dan secara berkelanjutan diharapkan dapat mendukung pelestarian varietas lokal serta dapat meningkatkan produksi padi dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Muratara,” terangnya.

Selanjutnya ditambahkan bahwa varietas lokal dapat diproses menjadi varietas unggul nasional setelah melalui tahap Uji adaptasi dengan pembanding varitas yang umum ditanam di lokasi, tahap  ketahanan hama dan penyakit utama di laboratorium dan pengajuan proposal usulan pelepasan varietas.

Dalam pertemuan ini, Disperkan Muratara mengapresiasi Pusat PVTPP,  BBP2TP dan BPTP Sumsel yang telah dan akan membantu Pemda dalam pelaksanaan kegiatan ini dan siap mendukung kegiatan pelestarian dan pendaftaran plasmanutfah spesifik  Muratara.

Varietas lokal , terutama tanaman padi yang potensial di Muratara  antara lain Padi Biji Duku, Padi Kuning dan Padi Jambe.

Tindak lanjut dari pertemuan, dilaksanakan karakterisasi Padi Biji Duku, Padi Kuning dan Padi Jambe di Desa Sosokan  Kecamatan Ulu Rawas.

Tiga varietas lokal ini telah diusahakan secara turun temurun, telah beradaptasi baik pada lahan sawah (padi biji duku), dan pada lahan kering (padi Jambe dan padi kuning), rasa nasi pulen dan harum dengan produktivitas sekitar 2-4 ton per ha.

Seperti diketahui, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pusat Perlindungan Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) dan BBP2TP dengan seluruh BPTP  di Indonesia dan Pemerintah Daerah.

Tujuan dilaksanakannya untuk membantu Pemerintah daerah dalam  mempercepat pendaftaran varietas lokal di Pusat PVTPP, dan bekerjasama dengan Pemkab Kabupaten Muratara mulai dilaksanakan 2020 dan dilanjutkan pada 2021.

Koordinasi, identifikasi dan Karakterisasi merupakan langkah awal dalam mendorong percepatan pendaftaran varietas lokal. (*)

Rekomendasi Berita