oleh

BPBD Siagakan TRC

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong menyiagakan Tim Reaksi Cepat (TRC). Kesiapan ini untuk i mengantisipasi bencana terjadi.

Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki menjelaskan jika terjadi bencana baik bencana longsor maupun banjir di Rejang Lebong. Masyarakat diharapkan segera memberikan informasi pada kami maupun pada pihak terkait lain.

Siaganya TRC ini, lanjut dia, mengingat beberapa hari terakhir termasuk hari ini (kemarin, red) hujan terus menerus terjadi di wilayah Rejang Lebong dan sekitarnya. Bahkan, hujan kerap dibarengi dengan angin kencang.

“Memang hujan terus mengguyur dan disertai angin kencang, kami berharap warga tetap waspada terhadap bencana longsor dan banjir sebab, Rejang Lebong merupakan daerah rawan longsor mengingat banyak tekstur tanah yang curam,” kata Basuki, Rabu (29/11)

Tak kalah penting, tambahnya, para pengendara baik di jalan lintas Curup-Lubuklinggau, maupun sebaliknya serta di daerah-daerah lain yang banyak terdapat batang tinggi. Agar menghindari mengantisipasi terkena tumbangan batang maupun ranting.

Basuki juga memaparkan, cuaca ekstrem tak hanya terjadi di Kabupaten Rejang Lebong, namun hampir di seluruh kabupaten dalam Provinsi Bengkulu.

Menurut informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, hujan deras disertai angin kencang terjadi di seluruh wilayah.

“Masyarakat terutama pengendara yang sedang melakukan perjalanan agar dapat berhati-hati mengantisipasi adanya pohon tumbang dan bencana lainnya seperti banjir dan longsor,” harapnya.
Pantauan Linggau Pos, di Kota Curup, hujan terus mengguyur sejak pagi hari disertai angin kencang.

Bahkan, tak sedikit pengendara terutama roda dua memilih berteduh di kawasan pertokoan maupun bangunan daripada berteduh di bawah pohon rindang.

“Takut kalau berteduh di bawah pohon nanti batangnya roboh, anginnya cukup kencang,” tutur Lestari (31) salah satu pengendara melintas di kawasan Sukowati Curup. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita