oleh

BPBD Muratara Rakor Kesiapan Apel Siaga

LINGGAU POS.CO.ID- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Apel Siaga Darurat Bencana Banjir dan Longsor, Rabu (8/1) di Auditorium Setda Muratara.

Hadiri saat Rakor Sekretaris Daerah (Sekda) Muratara Alwi Roham, Kapolres Muratara AKBP Adi Witanto, Perwakilan Kodim 0406/MLM, pihak Basarnas, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berserta Camat.

Kepala BPBD Muratara, Syarmidi mengatakan rapat dilaksanakan persiapan pelaksanaan apel siaga darurat bencana banjir dan longsor tahun 2020. “Besok (hari ini, red) kita akan menggelar apel siaga darurat bencana banjir dan longsor di halaman Pemkab Muratara,” kata Syarmidi.

Syarmidi menjelaskan, untuk ancaman bencana banjir dan longsor di Muratara ada beberapa wilayah. Seperti untuk wilayah rawan longsor ada di Kecamatan Karang Jaya dan Kecamatan Ulu Rawas.

“Sedangkan wilayah rawan banjir ada tiga kecamatan, yaitu Rawas Ilir, Karang Dapo dan Rupit,” ungkapnya.

Kapolres Muratara, AKBP Adi Witanto mengharapkan bencana banjir dan longsor tidak terjadi di Kabupaten Muratara. Untuk itu, kesiapsiagaan harus tetap dilakukan.

“Kita berharap bencana itu tidak hadir, namun kesiapan haruslah tetap kita lakukan. Minimal kita mampu membantu masyarakat meminimalisir korban jiwa ketika terjadi bencana,” tegas Adhi.

Sekda Muratara, Alwi Roham setiap musim hujan di Kabupaten Muratara selalu terjadi banjir, namun dia mengharapkan banjir yang akan datang merupakan banjir kecil, bukan banjir bandang.

“Kita harapkan banjir yang akan datang banjir kecil,” harap Alwi.(*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul “BPBD Rakor Kesiapan Apel Siaga”

Rekomendasi Berita