oleh

BPBD Imbau Waspada Bencana Longsor, Sejumlah Kecamatan Berpotensi Rawan

Memasuki musim penghujan sekarang ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang ingatkan masyarakat agar waspada bencana longsor.

Muhammad Iqbal Bakti, Tebing Tinggi

Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang, M Taufik menjelaskan ada beberapa titik rawan longsor di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’. Letaknya berada di Kecamatan Tebing Tinggi, Talang Padang, Ulu Musi dan Pasma Air Keruh (Paiker).

Daerah diduga berpotensi datangnya bencana tanah longsor.

“Beberapa kecamatan ini memang potensi bencana longsor, makanya kita minta warga lebih waspada,” kata Taufik, Senin (13/11).

Mengantisipasinya, Taufik mengaku jika pihaknya sudah melakukan koordinasi ke pihak terkait mulai Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum sampai kecamatan. Bahkan pihaknya bakal menyiagakan alat berat, pasalnya penanggulangan pekerjaan ini banyak menggunakan alat berat.

“Semua pihak sudah kita koordinasi, Dinas Pekerjaan Umum dan pihak swasta sudah kita minta tolong siagakan alat berat,” tuturnya.

Soal fasilitas pendukung menghadapi bencana lain selain longsor, seperti kebakaran dan banjir, pihaknya selalu dalam keadaan siaga dan ready. Baik mobil pemadam kebakaran sudah tersebar di masing-masing kecamatan hingga perahu mesin di Sungai Musi.

“Alhamdulillah walaupun daerah yang kecil mengenai peralatan kita tidak kalah dengan lainnya. Kita sudah miliki armada pemadam kebakaran yang memadai serta perahu mesin selalu siaga,” jelasnya.

Saat ini lanjut Taufik, pihaknya, memiliki enam armada pemadam kebakaran siap luncur serta dua perahu karet. Kemudian truk dapur umum serta tenda peleton besar jika dibutuhkan.

“Semuanya sudah kita standby-kan dalam menghadapi kemungkinan yang tidak kita inginkan,” tegas dia. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita