oleh

BPBD Empat Lawang Buat Posko Siaga Bencana

LINGGAU POS ONLINE- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, dalam waktu dekat akan mendirikan posko siaga banjir dan longsor. Hal tersebut dilakukan untuk antisipasi akan terjadinya bencana, mengingat curah hujan diperkirakan meningkat November dan Desember 2019.

Apalagi Kuswinarto menyebutkan, ada beberapa desa di Kabupaten Empat Lawang yang masuk kategori rawan banjir dan longsor. Diantaranya Kecamatan Talang Padang, dan Kecamatan Tebing Tinggi, seperti Desa Batu Raja dan sekitarnya.

“Kami mewaspadai bencana banjir dan longsor, makanya akan mendirikan posko tersebut,” kata Kepala BPBD Kabupaten Empat Lawang, Kuswinarto dibincangi, Minggu (10/11).

Ia mengatakan, Bupati sudah mengeluarkan surat edaran kepada semua Camat se-Kabupaten Empat Lawang untuk memberikan imbauan kepada masyarakat di wilayah masing-masing, untuk waspada siaga bencana.

“Selama ini Empat Lawang langganan bencana banjir dan longsor, karena terdapat Daerah Aliran Sungai (DAS) juga perbukitan dan pegunungan,” tegasnya.

Selain segera mendirikan pos, pihaknya terus mewaspadai bahaya bencana alam tersebut agar tidak menimbulkan korban jiwa. Apalagi BMKG memperkirakan kedepan intensitas hujan semakin deras.

“Kami minta warga waspada dan siaga jika hujan terus menerus khususnya yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir,” imbaunya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita