oleh

BPBD Ajak Masyarakat Antisipasi Bencana

MURATARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengadakan sosialisasi persiapan antisipasi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Sosialisasi ini, dalam upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara melalui BPBD untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Muratara dalam menghadapi bencana alam. Agar dapat mengurangi resiko imbas bencana alam.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Siti Rahma Rumah Makan Sederhana, Rupit, Rabu (26/12).

Kepala BPBD Muratara, Zulkifli melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Kasir Masuli menyampaikan masyarakat agar mampu mempersiapkan diri pada saat terjadi bencana alam.

“Kita tidak mampu untuk menghindari terjadinya bencana alam. Tapi bila kita siap, saat menghadapi terjadinya risiko bencana alam, agar dapat diminimalisir,” kata kasir.

Kasir berharap kepada peserta yang mengikuti sosialisasi mampu untuk menularkan kemampuan yang didapat pada saat mengikuti sosialisasi, agar masyarakat yang tidak mengikuti pelatihan juga memiliki kemampuan saat menghadapi bencana

“Kami tidak mungkin mengajak semua masyarakat untuk menjadi peserta. Namun peserta merupakan perwakilan dari setiap desa, kelurahan dan kecamatan, jadi bagi peserta yang beruntung mengikuti pelatihan, agar dapat memberikan penularan kemampuan kepada masyarakat lainnya,” harap Kasir.

Bupati Muratara, H Syarif Hidayat melalui Sekretaris Daerah (Sekda), H Abdullah Makcik mengajak para peserta sosialisasi untuk bersama sama memanjatkan doa, bagi saudara yang pada beberapa saat lalu terkena tsunami di Lampung dan Banten.

“Indonesia sedang terkena musibah, tsunami melanda daerah Banten dan Lampung. Mari kita berdoa bagi saudara kita yang menjadi korban, dan semoga diberikan ketabahan bagi yang ditinggalkan,“ katanya.

Sekda menambahkan bencana alam seringkali terjadi di desa-desa, dan jauh dari pusat kota ataupun kecamatan. Karena itu pemerintah berharap kepada masyarakat untuk meningkatkan kepekaan dalam membantu masyarakat yang terkena bencana.

“Bila ada tetangga, kita terkena musibah bencana alam. Mari kita terlebih dahulu untuk membantunya jangan mengharapkan bantuan dari pemerintah terlebih dahulu. Karena pemerintah dan pihak lainnya jauh dari kejadian. Maka kita yang berada lebih dekat untuk terlebih dahulu dalam membantu saudara kita yang terkena bencana,” tambahnya.

Kepala Unit Siaga Basarnas Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara, Wahit Ipan sebagai pemateri menyampaikan pihaknya fokus untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam menghadapi terjadinya bencana.

“Kami telah memiliki berbagai peralatan dalam menghadapi bencana alam. Saat ini kami fokus untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengaplikasikan alat-alat yang kita miliki,” sampainya. (cw3)

Rekomendasi Berita