oleh

BPAD Kembali Menjadi Tujuan Kunjungan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok

BADAN Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Kota Lubuklinggau, kembali mendapat kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Solok Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (15/11).

Kunjungan mereka, setelah mendengar informasi mengenai BPAD Kota Lubuklinggau yang sudah sangat maju. Karena sebelumnya, memang sudah pernah meraih juara 1 perpustakaan terbaik se-Indonesia untuk kluster B. Serta untuk kesekiankalinya, BPAD Kota Lubuklinggau bisa kembali meraih penghargaan dari Coca-Cola Foundation.

Tidak hanya BPAD, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe pun sudah tiga kali berturut-turut mendapat penghargaan dari Coca-Cola Foundation. Terakhir tahun 2016, mendapat penghargaan atas komitmennya dalam memajukan perpustakaan dari Kemendagri RI.

“Informasi seperi ini yang kita dapat. Kita melihat BPAD Lubuklinggau sudah sangat maju dibandingkan daerah lain, kemudian promosi serta inovasi guna meningkatkan minat baca yang dilakukan sangat gencar. Hal ini membuat kita memutuskan untuk melihat langsung ke sini. Kunjungan kita lakukan selama dua hari. Ada 12 rombongan yang kami bawa, untuk menggali apa yang bisa kita adopsi untuk kita contoh untuk Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Solok,” kata sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok, Armaiti Malik, Rabu (15/11).

Selama dua hari berkunjung ke BPAD Kota Lubuklinggau, pihaknya akan belajar bagaimana menata dan mengelola serta mempromosikan perpustakaan daerah, dari BPAD Kota Lubuklinggau.

“Setelah melihat langsung dan banyak sharing dengan Kepala BPAD Kota Lubuklinggau, Hj Saleha, ternyata banyak yang harus kita adopsi. Salah satunya, bagaimana Kepala BPAD Lubuklinggau menanamkan rasa tanggung jawab mengenai tugas mereka, untuk meningkatkan minat baca. Kemudian bagaimana berinvasi dengan cara gencar melakukan kerjasama dengan stakeholder ataupun CSR. Sehingga mereka bisa berbuat banyak, untuk memajukan perpustakaan daerah. Pemahaman ini yang patut kita adopsi,” ungkapnya.

Harapannya, pasca melakukan kunjungan pihaknya bisa melakukan apa yang sudah dilakukan terlebih dahulu oleh BPAD Kota Lubuklinggau.

Sementara itu Kepala BPAD Kota Lubuklinggau, Hj Saleha menjelaskan apa yang sudah mereka lakukan selama ini untuk memajukan BPAD Kota Lubuklinggau. Inovasi serta terus lakukan yang terbaik, dan mendapat dukungan dan komitmen dari Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, membuat BPAD maju dan berkembang pesat.

“Kedepan BPAD sudah direkomendasikan oleh Perpustakaan RI, untuk menjadi lokasi studi banding. Selain itu, kita juga akan menjadi lokasi magang mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI). Komitmen ini disampaikan oleh Prof Zulfikar Zein, dosen dari Universitas Indonesia (UI) yang sempat berkunjung ke Perpustakaan kita pada Juli 2017 lalu. Sebelumnya di tahun ini juga, kita menerima lima mahasiswa dari UIN Raden Fatah Palembang untuk melaksanakan magang di sini. Kita juga sering menjadi lokasi kunjungan,” ungkapnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita