oleh

Bocah Empat Lawang ini Alami Luka Bakar 90 Persen, Gara-gara Lampu Teplok

LINGGAUPOS.CO.ID – Sherly (7) bocah perempuan warga Desa Lampar Baru Kecamatan Talang Padang Kabupaten Empat Lawang, terbaring lemah menahan rasa sakit karena luka bakar yang dideritanya semenjak satu bulan terakhir.

Bocah perempuan ini mengalami luka bakar disekujur tubuhnya sekitar 90 persen akibat tersiram minyak tanah dari lampu canting (sejenis lampu teplok).

Peristiwa naas ini terjadi, berawal saat korban sedang belajar di pondok kebun,  diduga lampu canting yang berada di dekatnya tersenggol oleh adik korban hingga jatuh. Minyak yang ada di dalamnya tumpah dan dengan cepat api menyambar dan membakar tubuh korban.

Menurut ayahnya, Zamhari (45), satu bulan yang lalu anaknya sempat dirawat di  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Empat Lawang dan langsung ditangani.

Setelah menjalani perawatan, kondisi Sherly mulai membaik dan dianjurkan untuk cek kesehatan secara berkala di puskesmas Talang Padang. Melihat kondisi anaknya  yang membaik dirinya mulai bekerja seperti biasa pergi ke kebun, namun seminggu kemudian kondisi Sherly mulai memburuk.

Kepala UPTD Puskesmas Talang Padang, Upik Damayanti SKM melalui Staff Puskesmas Talang Padang Heny Kaswita menjelaskan bahwa pasien yang bernama Sherly, selama tiga minggu terakhir ini tidak pernah di bawa ke UPTD Puskesmas Talang padang untuk di periksa kesehatanya.

“Sudah kami jelaskan kepada pihak keluarga, bahwa pelayanan di UPTD Puskesmas Talang Padang ini khususnya untuk pasien bernama Sherly itu gratis tidak di pungut biaya apapun, jadi untuk apa takut dibawa anaknya ke Puskesmas “ jelas Heny.

Terpisah, Yeksi Kepala Desa Lampar Baru, kecamatan Talang Padang, sebelumnya tidak mengetahui bahwa ada warganya yang menderita luka bakar, di karenakan keluarga korban tidak memberitahu kepadanya.

Dirinya selaku kepala desa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Empat Lawang, Joncik Muhammad, yang langsung merespon dan memerintahkan tim medis RSUD Empat Lawang untuk segera menjemput Sherly guna mendapatkan perawatan di RSUD Empat Lawang.

“Alhamdulillah, Sabtu (11/4/2020) ada tindak lanjut dari Bapak Bupati untuk mengarahkan warganya menjalani perawatan di RSUD Empat Lawang. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bapak H Joncik Muhammad, Bupati Empat Lawang yang sudah membantu pengobatan ini,“ kata Yeksi.

Keprihatinan yang mendalam atas musibah yang menimpa bocah ini, juga dirasakan Panca, ketua  Komunitas Talang Padang Berbagi (TPB), melalui komunitasnya menggalang dana bantuan, bagi dermawan yang ingin membantu agar bisa datang langsung kepada keluarga Korban di Desa Lampar Baru Kecamatan Talang Padang. (*)

Sumber: Musirawas Ekspres

Rekomendasi Berita