oleh

BNN Tes Urine Pilot

SELAIN kegiatan simulasi siap siaga kondisi darurat di Bandara Silampari, Kamis (20/12) juga dilakukan tes urine terhadap pilot dan awak kabin. Tes urine dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNNK) Kota Lubuklinggau.

Tes urine tersebut disaksikan Wakil Walikota Lubuklinggau Sulaiman Kohar, Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono dan Kajari Lubuklinggau Zairida serta Kepala UPTD Bandara Silampari, Rudi Pitoyo.

Proses tes urine dilakukan BNN Lubuklinggau, ketika pesawat mendarat di Bandara Silampari Lubuklinggau. Petugas BNN langsung naik ke pesawat dan melakukan tes urine kepada pilot dan awak kabin.

Kepala BNN Kota Lubuklinggau, AKBP Edi Nugroho melalui Kasi Umum, Apandi mengatakan, tes urine ini instruksi langsung dari BNN RI, untuk pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2019, karena mereka kunci keselamatan penumpang.

“Dan juga menekan angka penggunaan narkoba tidak hanya kepada masyarakat. Namun bisa jadi para pilot juga menggunakan, maka dari itu harus dilakukan tes urine,” katanya.

Sementara Kasi Pemberantasan, AKP Sukirman mengatakan ada 13 orang yang terdiri pilot dan awak kabin yang dilakukan tes urine di dua maskapai, yakni Batik Air dan NAM Air.

“Alhamdulillah tidak ada yang positif mengonsumsi narkoba,” ungkap Sukirman.

Rencananya lanjut Sukirman, pelaksanaan tes urine akan dilanjutkan kepada para sopir bus yang melintas di Kota Lubuklinggau. Terutama di Simpang RCA Kota Lubuklinggau. Namun untuk waktunya, masih kita rahasiakan.

Wakil Walikota Lubuklinggau Sulaiman Kohar mengatakan bahwa Pemerintah Kota Lubuklinggau mendukung kegiatan yang dilakukan BNN Lubuklinggau. Hal ini, juga dalam rangka meningkat pelayanan masyarakat di Bandara.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Dwi Hartono mengatakan, jelang Natal dan Tahun Baru, adanya lonjakan penumpang, maka dari itu Polres Lubuklinggau bersama BNN Lubuklinggau melakukan tes urine agar penumpang merasa aman.

Sedangkan Kepala UPTD Bandara Silampari Rudi Pitoyo mengatakan, ini untuk menjaga transportasi aman, apalagi jika pilot dengan awak kabin bebas dari Narkoba.

“Agar menambah keamanan dan keselamatan dan tentu kenyamanan para penumpang,” katanya.(cw1)

Rekomendasi Berita