oleh

BNN Musi Rawas Ungkap Dua Balon BPD Positif Narkoba

LINGGAU POS ONLINE – Badan Narkotika Nasional (BNN) Musi Rawas mengungkapkan ada dua orang bakal calon (Balon) Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Musi Rawas positif narkotika.

Hal ini seperti dijelaskan Kepala BNN Musi Rawas Hendra Amoer, Senin (26/8/2019). Menurutnya diketahuinya kondisi ini, setelah 1.009 balon BPD mengikuti tes urine sebagai syarat pencalonan.

“Yang sudah tes urine 1.009 orang. Baru kami temukan dua yang positif narkotika. Artinya sangat sedikit dibandingkan yang mencalonkan diri,” ia menjelaskan.

Menurut Hendra Amoer kedua orang yang positif narkotika ini, tidak mereka keluarkan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), sebaliknya harus wajib lapor selama delapan kali pertemuan.

“Wajib lapor ini, maksudnya sekalian rawat jalan. Jadi setiap minggunya mereka melapor. Totalnya dua bulan. Jika sampai dua bulan, kemudian hasilnya negatif maka kami keluarkan SKBN dan sebaliknya,” ia menambahkan.

Hendra Amoer menjelaskan, mereka yang positif ini wajib lapor, karena mereka yang menggunakan narkotika belum tentu bersalah. Bisa saja mereka adalah korban.

“Kalau korban maka harus diobati. Karena narkotika ini, juga berkaitan suplai dan permintaan. Kalau pemakainya tidak ada, maka akan mengurangi permintaan,” kata Hendra Amoer.

Ia menambahkan, total yang sudah tes urine sampai dengan Agustus 2019, total 1.034 orang. “Ada juga yang syarat masuk bekerja, dua orang positif narkotika. Mereka juga wajib lapor,” katanya.

Hendra mengatakan, ia mengapresiasi pihak-pihak yang menjadikan tes urine sebagai salah satu syarat. “Karena ini berkaitan dengan masa depan bangsa,” tambah Kepala BNN Mura.(*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita