oleh

BNN Adakan Program Pemberdayaan Alternatif

Bagi Residen Pecandu Narkoba

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lubuklinggau, terus membuat program untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba di tengah masyarakat. Salah satu kegiatan yang sedang dilakukan saat ini program pemberdayaan alternatif terhadap residen atau mantan penyalahgunaan narkoba dengan memberikan pelatihan budi daya ikan lele mutiara dan patin.

Menurut Kepala BNN Kota Lubuklinggau, AKBP Eddy Nugraha, BNN tidak hanya fokus pada program pemberantasan pengguna narkoba, tapi juga pembinaan terhadap mantan pengguna Narkoba.

“Kita tidak hanya fokus pada pemberantasan tapi juga pembinaan terhadap residen Narkoba,” kata Eddy Nugraha di kantor BNN Kota Lubuklinggau kepada Linggau Pos, Senin(2/7).

Dipilihnya ikan lele mutiara dan patin tambahnya, karena iklim di Kota Lubuklinggau sangat cocok untuk budidaya kedua ikan tersebut. Mengenai media yang digunakan, adalah kolam terpal, sehingga dapat memanfaatkan lahan di pekarangan atau belakang rumah.

Tahap ini BNN Kota Lubuklinggau sudah menyiapkan dua kolam terpal bulat ukuran 3 meter, sebagai media pelatihan tahap awal pilot project budidaya ikan lele mutiara dan patin.

Selain itu disiapkan tiga kolam tanah ukuran 12 meter x 10 meter di RT 02, Kelurahan Ulak Lebar, Kecamatan Lubuklinggau Barat II. Saat ini sudah dibentuk satu kelompok yang terdiri dari 10 orang anggota. Dalam melaksanakan budidaya ikan mereka didampingi petugas penyuluh lapangan Dinas Perikanan Kota Lubuklinggau.

“Nanti ada pendampingan dari petugas lapangan Dinas Perikanan. Lalu ada juga penanaman tanaman buah-buahan dari Dinas Pertanian, serta melibatkan Dinas Tenaga Kerja,” tambahnya.

Menurutnya, tujuan akhir dari program pemberdayaan alternatif bagi mantan penyalahgunaan narkoba, pasca rehabilitasi untuk mewujudkan lingkungan bersih narkoba. Program tersebut akan di-launching pada acara puncak peringatan Hari Anti Narkoba (HANI), yang akan dilaksanakan Kamis, 12 Juli 2018. Selain itu ada kegiatan Bakti Sosial (Baksos) donor darah, pengobatan gratis bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau dan mengadakan kegiatan olahraga bekerja sama dengan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Lubuklinggau, dilaksanakan Minggu (8/7).

Eddy menyebutkan tema peringatan HANI 2018 “Menyatukan dan Menggerakkan Seluruh Kekuatan Bangsa Dalam Perang Melawan Narkoba, untuk Mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Sehat Tanpa Narkoba”. (05)

Rekomendasi Berita