oleh

BLUD-SPAM Mura Bangun Suplai Air

LINGGAU POS ONLINE – Kepala Latar Belakang Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Musi Rawas (Mura), Agus Hilman mengatakan pihaknya akan memenuhi kebutuhan suplai air bersih sejumlah desa di Kecamatan Muara Lakitan. Hal ini dilakukan, karena sejumlah desa di wilayah Kecamatan Muara Lakitan, kerap kekurangan air bersih ketika musim kemarau.

Ia menjelaskan, beberapa bulan kedepan segera digulirkan tahap pembangunan fasilitas pengelolaan air bersih berada di Desa Rengas Kecamatan Muara Lakitan, dengan kapasitas 30 liter per detik, dan mampu menjangkau 4 desa sekaligus.

Selain itu, ada beberapa titik daerah rawan krisis air bersih, seperti Kecamatan Muara Kelingi dan BTS Ulu, yang setiap masuk musim kemarau warga di sana mengalami air bersih lantaran sungai mengalami kekeringan.

“Kalau untuk permasalahan di Kecamatan Muara Lakitan segera terealisasi. Tapi, untuk di Kecamatan Muara Kelingi maupun BTS Ulu, tengah diperjuangkan. Prinsipnya, kita bekerja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Zulkipli (34) warga Kecamatan Muara Lakitan mengatakan pihaknya menyambut baik wacana pemenuhan suplai air bersih di Kecamatan Muara Lakitan.
Menurut mantan mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Kota Lubuklinggau itu, memang sudah permasalahan klasik, di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Muara Lakitan yang kekurangan air bersih. Bahkan, ketika musim kemarau panjang, sungai Musi merupakan alternatif terakhir dari masyarakat untuk Mandi Cuci dan Kakus (MCK). Apalagi, beberapa warga di desa yang berada di pinggiran sungai Musi, menggunakan aliran sungai untuk MCK. Jadi, ketika musim kemarau jelas mereka mengalami kesulitan air bersih. (aku)

Rekomendasi Berita