oleh

Blangko KTP-El Empat Lawang Masih Kosong

20 Persen Warga Belum Perekaman

LINGGAU POS ONLINE- Blangko KTP-El di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Empat Lawang, saat ini masih kosong. Menurut informasi, blangko baru tersedia awal Desember mendatang.

Kepala Disdukcapil Empat Lawang, Peterson Okki Bial melalui Kasi SIAK, Harry Trutman mengatakan saat ini warga hanya bisa melakukan perekaman, sementara cetak kartu masih menunggu blangko.

“Namun hanya blangko KTP-El yang kosong, sementara blangko Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran masih banyak. Insya Allah awal Desember blangko baru dikasih lagi oleh pihak Dirjen Dukcapil,” ungkap Harry saat dibincangi, Rabu (27/11).

Sebelumnya dijelaskan Harry, per 10 hari mereka dijatahi 500 keping blangko. Saat ini per satu bulan sekali, hanya dijatahi 500 keping.

Terdata, warga yang sudah melakukan perekaman namun belum dicetak atau masuk dalam Print Ready Record (PRR) sebanyak 992 orang. Sementara warga yang belum perekaman sebanyak 20 persen dari jumlah penduduk Empat Lawang yang wajib KTP-El. Untuk data semester pertama 2019, wajib KTP-El sebanyak 249.688 orang.

“Mengenai mesin Anjungan Dukcapil Mandiri, kita sudah mengetahui adanya alat yang baru diluncurkan tersebut. Namun Mekanisme dan penggunaannya kita belum mengetahui secara rinci dan masih menunggu petunjuk,” tambahnya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita