oleh

BKPSDM Muratara Belum tentukan Lokasi Tes

“…Tahun sebelumnya gabung di Lubuklinggau. Tahun ini kita upayakan di Muratara, tapi kalau nanti tidak siap tetap di Lubuklinggau…”

Kepala BKPSDM Muratara Ralin Jufri

LINGGAU POS.CO.ID- Seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tahun 2019, segera memasuki tahapan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Muratara menunggu informasi dari Kemenpan-RB, terkait jadwal tes tersebut.

“Kita masih menunggu Juknis selanjutnya, terkait jadwal pasti SKD,” kata Kepala BKPSDM Muratara, Ralin Jufri, Minggu (2/1).

Ia menjelaskan, tes SKD menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Terkait tempat dilaksanakannya tes, pihaknya juga belum bisa memastikan apakah di Kabupaten Muratara atau Kota Lubuklinggau.

“Kalau tahun sebelumnya gabung di Lubuklinggau. Tahun ini kita upayakan di Muratara, tapi kalau nanti tidak siap tetap di Lubuklinggau,” jelasnya.

Menurut Ralin, pelaksanaan tes CAT memang disarankan oleh pemerintah pusat di daerah masing-masing, untuk mempermudah jangkauan para pelamar.

Ia menambahkan, dari 3.921 pelamar CPNS di Pemkab Muratara, ada sebanyak 3.636 pelamar dinyatakan lulus administrasi dan 285 tidak memenuhi syarat. Selanjutnya, pelamar yang tidak lulus administrasi diberikan masa sanggah dan ada 133 pelamar yang menyanggah.

“Dari 133 orang yang menyanggah itu ada 9 orang yang berhasil dan dinyatakan lulus administrasi,” tambah Ralin.

Namun ada juga pelamar yang sebelumnya dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) berubah menjadi Tidak Memenuhi Syarat (TMS) selama masa sanggah.

“Ada 21 orang yang MS menjadi TMS, karena pelamar itu tidak terdaftar di Forum Laporan Pendidikan Tinggi (Forlap Dikti),” jelas Ralin.(*)

Artikel ini sudah terbit di Harian Pagi Linggau Pos dengan judul “BKPSDM Belum tentukan Lokasi Tes”

 

Rekomendasi Berita