oleh

BKPSDM Empat Lawang Kembangkan Inovasi E-KIN/EJM

LINGGAUPOS.CO.ID – Bupati Empat Lawang, H. Joncik Muhammad tidak salah pilih dalam menempatkan jabatan pelaksana tugas (Plt) Kepala BKPSDM, Soleha Apriani. Dalam kurun waktu yang ada semenjak mengemban amanah, program kerja Soleha Apriani mampu membuat inovasi bagi kemajuan Kabupaten Saling Keruani Sangi Kerawati.

Salah satunya yakni, pelayanan Aplikasi Elektronik Kinerja (E-KIN/EJM) dalam pelaksanaan program kinerja pegawai.

Dijelaskan Soleha Apriani, E-KIN merupakan aplikasi elektronik yang digunakan untuk penilaian kinerja dari ASN, dalam upaya memberikan apresiasi kinerja pegawai yang muaranya yakni terwujudnya good govermant melalui E-Govermant.

“Dengan adanya E- Kinerja dalam upaya memberikan apresiasi dan pengakuan atas kinerja pegawai,”utaranya kepada wartawan.

Lanjut Soleha Apriyani, Diharapkan tidak ada lagi pegawai yang tidak tahu akan apa yang dikerjakan tapi nantinya setiap pegawai akan mengetahui beban tugas masing–masing.

Untuk menggunakan aplikasi ini juga tidak sulit, ungkap Solehan Apriyani, melalui perangkat elektronik yang bisa terhubung ke internet, penggunanya cukup mengakses aplikasi yang tersedia melalui PC atau e kinerja  melalui HP pada menu play store. Bagi yang belum terdaftar klik daftar dan bagi yang sudah terdaftar tinggal klik login. Menu-menu penting sudah disediakan, diantaranya input laporan, lihat/edit laporan, dan cetak laporan.

“Tentunya privasi pengguna tetap terjaga, artinya laporan yang dibuat hanya bisa dilihat oleh pegawai yang bersangkutan dan atasan si pegawai tersebut, artinya orang lain tidak memiliki akses untuk membukanya,” jelasnya.

Sambung Soleha Apriyani, adanya aplikasi ini upaya mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati  Empat Lawang, mewujudkan Kabupaten Empat Lawang dalam meningkatkan kecerdasan dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman dan bertaqwa kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa serta mengembangkan dan membina, serta memfasilitasi pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) Empat Lawang yang kreatif, sehat, produktif, inovatif, dan peduli melalui semua jalur dan jenjang pendidikan, baik formal maupun informal.

“Aplikasi ini juga mendukung terwujudnya Kabupaten Empat Lawang yang berbasis internetisasi, apalagi di masa pandemi covid 19 ini perlu, sehingga pegawai tetap bekerja dengan baik sesuai tupoksinya,”katanya.

Sementara itu menurut Nurbaiti, salah satu pegawai di BKPSDM menuturkan bahwa selama Soleha Apriyani menjabat kepala BKDSM selalu memberikan motivasi yang sangat baik dan selalu meningkatkan kreatifitas kerja demi perkembangan dan kemajuan Kabupaten Empat Lawang, terutama dalam penempatan-penempatan tenaga kerja di Lingkungan Kabupaten Empat lawang, baik dari pegawai di pemerintahan, maupun Tenaga pendidikan dan kesehatan. Ini terbukti bahwa ketika beliau melaksanakan beberapa pelantikan Calon Pegawai Negeri Sipil dan PPPK.

“Alhamdulillah,selama beliau menjabat sebagai BKPSDM sangat memotivasi kami sebagai ASN di kabupaten Empat Lawang telah memberikan kemajuan-kemajuan di Lingkungan Pemerintah kabupaten Empat Lawang,” tuturnya.

Nah apalagi ada aplikasi inovasi ini sangat membantu pegawai dalam bekerja. Simpel namun sangat membantu.

“Kita bekerja, terbantu akan aplikasi ini,” ujarnya.

Senada dengan Nurbaiti, salah seorang pegawai di Inspektorat, Budi, menuturkan  Kepala BKPSDM memang memiliki kinerja yang sangat baik, hal ini dibuktikan dengan adanya program Elektronik Kinerja (E-KIN/EMJ) yaitu laporan yang dibuat dengan sistem online.

“ini sudah sangat membantu seluruh Pegawai Pemerintahan dalam melaksanakan kinerja sehari-hari sesuai SOP, Sehingga bisa mengukur kinerja para pegawai sesuai dengan tupoksinya mereka masing masing,”ungkapnya

Harapannya dengan adanya program Elektronik Kinerja (E-KIN/EJM) ini dapat membantu seluruh pegawai dalam bekerja dan menjadikan pegawai tersebut profesional serta lebih baik lagi.

“Dengan adanya program atau peluncuran EKIN/EJM dapat mengukur kemampuan kinerja pegawai dan menjadikan profesionalisme pegawai kabupaten Empat Lawang.

Beberapa hal lainnya seperti paperless (Menghemat penggunaan kertas) dalam pelaporan selama satu bulan, dapat mengambil kebijakan kerja sesuai dengan kepegawaian yang ada serta memudahkan dalam memberikan laporan kerja,” tuturnya.(*)

Rekomendasi Berita