oleh

BKD Sosialisasikan Kewajiban Perpajakan

MURATARA – Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Senin (17/12) melaksanakan sosialisasi kewajiban perpajakan bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruangan Auditorium Sekda Kabupaten Muratara.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Muratara, Duman Fachsyal menjelaskan, sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan pemahaman bendahara pemerintah daerah.

“Dengan sosialisasi ini diharapkan para bendaharawan kedepannya akan lebih paham lagi dalam melaksanakan tugasnya,” jelasnya.

Ditambahnya kegiatan sosialisasi ini dilakukan setiap tahun, untuk mengingatkan para bendaharawan akan pentingnya menyetorkan pajak tepat waktu.

“Pentingnya menyetor pajak tepat waktu. Karena pajak merupakan biaya pembangunan daerah. Diharapkan kedepannya bendaharawan daerah akan lebih patuh dan tidak lalai dalam penyetoran pajak,” tambahnya.

Sementara itu Kepala KPP Pratama Lubuk Linggau, Roni Johanes Purba menyampaikan sangat penting sekali dilakukan sosialisasi perpajakan bagi bendahara OPD.

“Jangan sampai bendahara pemerintah tidak melakukan tugas tugasnya,” katanya.

Ditambahnya, karena ini penghujung tahun maka jangan sampai penerimaan negara dari pajak tidak disetorkan.

“Jangan ada pajak yang harus disetorkan tidak disetorkan ke kas daerah,” katanya.

Jika terdapat kelalaian yang dilakukan bendahara tidak menyetorkan SPT, maka akan ada sangsi bagi bendaharawan.

“Jika ada kelalaian akan sangsi Rp100 ribu per SPT PPH per bulan, jika sudah memotong dan tidak menyetor maka akan ada denda keterlambatan dari penyetoran akan ada sanksi 2 persen dari jumlah waktu terlambat dari pokok pajaknya,” jelasnya.

Ditambahnya jika ada indikasi kesengajaan bagi bendaharawan daerah untuk tidak menyetorkan pajak yang sudah dipotong maka akan disanksi dengan pidana. (cw3)

Rekomendasi Berita