oleh

BKD Kesulitan Pasang Tapping Box

WP Gunakan Sistem Pembayaran Manual

LUBUKLINGGAU – Bank SumselBabel Cabang Lubuklinggau memberikan bantuan 350 unit tapping box, yang bakal dipasang di Wajib Pajak (WP) restoran, hiburan, dan hotel. Namun, sebagian WP masih menggunakan pembayaran manual tidak menggunakan sistem komputerisasi.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Lubuklinggau, Imam Senen didampingi Kabid PAD, Wawan kepada wartawan,Senin (14/1) mengatakan untuk tahap awal akan dipasang untuk 50 WP. Bahkan tim BKD Kota Lubuklinggau saat ini tengah melakukan pendataan WP.

“Kami tengah lakukan pendataan WP yang mau dipasang tapping, dan WP yang kasirnya sudah menunjang dipasang tapping salah satunya sudah pakai komputer bukan manual,” ungkap Wawan.

Ditambahkan Wawan, BKD Kota Lubuklinggau akan melakukan koordinasi lanjutan dengan Bank SumselBabel Cabang Lubuklinggau apakah ada bantuan bagi WP yang kasirnya masih manual tidak komputerisasi. Selanjutnya, BKD Kota Lubuklinggau juga akan berkoordinasi dengan Bagian Hukum Setda Kota Lubuklinggau agar dibuatkan payung hukum kewajiban bagi WP memasang tapping box.

Diakui Wawan, jika usaha WP dipasang tapping maka WP tidak bisa lagi berbohong terkait omzet. Setiap pemasukan tercatat, dan penetapan pajak akan disesuaikan dengan omzet.

“Ini menjadi salah satu alasan WP enggan dipasang tapping, kalau sudah ada regulasi hukumnya baik itu Peraturan Walikota (Perwal), Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur dan menetapka sanksi bagi WP yang enggan dipasang tapping box,” ungka Wawan.(nia)

Rekomendasi Berita