oleh

Bimbing Remaja Persiapkan Masa Depan

Lebih Terencana

Sejak dua tahun belakang ekstrakurikuler Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) SMK Yadika Lubuklinggau dibentuk. Ekstrakulikuler ini lebih konsen terhadap saling memotivasi antar pelajar untuk mempersiapkan masa depan dengan baik.

Bagi teman-teman yang belum terlalu mengenal ekstrakulikuler yang satu ini, yuk kita simak, apa itu PIK-R dan bagaimana kegiatan serta program mereka.

“PIK-R itu suatu wadah organisasi yang dijalankan dari remaja oleh remaja dan untuk remaja, agar remaja mempunyai masa depan yang terencana,” ungkap Ketua Ekstrakurikuler PIK-R SMK Yadika Lubuklinggau, Yolanda.

Ekstrakulikuler ini juga di bawah binaan BKKBN Kota Lubuklinggau. Sekarang, ekstrakulikuler PIK-R ini  beranggotakan 20 orang di bawah binaan Bapak Niko dan Ibu Yeni.

“Alhamdulillah ekstrakulikuler ini berkembang cukup pesat. Dari tahun pertama tahap tumbuh, tahun kedua tahap tegak, dan tahun ketiga ini tahap tegar. Ekstrakulikuler kami juga  langsung dibina oleh Bapak Aris salah satu perwakilan dari BKKBN kota Lubuklinggau, dan juga kami sudah dalam kepengurusan yang baru,” jelas Yolanda.

Bagaimana dengan agenda latihan rutin?

“Kami latihan setiap Kamis, sepulang sekolah. Sistemnya kami diawali dengan rapat atau briefing terlebih dahulu setelah itu baru pemberian materi yang biasanya diisi juga oleh Bapak Aris,” ujar Yolanda

Mereka ini juga Smarters punya beberapa bidang misalnya, bidang administrasi dan bidang program, juga ada pendidik sebaya dan konselor. Dan ternyata ada jam khusus yang dimasukkan ke dalam KBM mereka, untuk setiap siswa bisa berkonsultasi, “iya jadi ada jam khusus yang masuk ke KBM juga untuk para siswa bisa berkonsultasi di sana,” sambung Yolanda.

Setiap siswa boleh berkonsultasi melalu pendidik sebaya terlebih dahulu, jika ada permasalahan yang belum bisa terselesaikan baru berkonsultasi ke konselor dan lanjut ke pembina. Apakah ada agenda khusus di ekstrakulikuler ini?

“Kami punya beberapa agenda. Misalnya setiap Jumat sehabis senam kami melakukan sosialisasi ke seluruh siswa-siswi yang dilakukan dua minggu sekali, kami juga menanam apotek hidup satu bulan sekali,” tambahnya lagi.

Wah, banyak ya Smarters agenda yang sangat-sangat bermanfaat. Mereka juga ternyata ada agenda tahunan yaitu setiap Hari Raya Idul Adha, para anggota PIK-R ikut membantu pemotongan hewan kurban di sekolah mereka, yang mana akan dibagikan ke warga sekitar sekolah atau juga ke panti.

Tak heran lagi nih Smarters, mereka mendapatkan  Juara 1 Ketangkasan, Juara 2 tingkat Provinsi tahun 2017, juara 1 PIK-R tingkat kota Lubuklinggau, dan beberapa minggu yang lalu dua orang perwakilan mereka  mengikuti jambore tingkat nasional di Padang panjang.

For your information lagi nih, mereka juga tergabung dalam Organisasi Penggiat Anti Narkoba Kota Lubuklinggau yang baru diresmikan belakangan ini.

“Di sela-sela latihan, kami mengadakan games monopoli salah satunya yang menyangkut tentang ruang lingkup ekstrakulikuler kami, dan juga ada yang namanya genre Kids,” ujar Yolanda.

Apa manfaat dari ekstrakulikuler ini?

“Banyak sekali manfaatnya. Masa depan kita itu jadi terencana, bisa memotivasi dan menginspirasi para remaja. Kita bisa menyiapkan mental untuk masalah yang ada. Misalanya, kalau anak broken home itu masih bisa bahagia dan sukses, bisa menata hidupnya dengan baik. Di sinilah kami membimbing mereka,” tutup Yolanda.

Yah, semua orang punya hak untuk bahagia dan menata hidup mereka  dengan baik. So, Smarters harus tetap semangat, everything will be okay!.(s3)

Komentar

Rekomendasi Berita