oleh

Bimbing Anak Mengaji Setiap Hari

PAUD Kelapa Kids Ajak Anak Berpedoman Alquran

Memiliki putra-putri saleh dan saleha, merupakan impian setiap orang tua. Salah satu jalan yang ditempuhnya, dengan menitipkan anak-anak ke lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Agar sejak dini, anak dikenalkan pada ajaran Islam, Alquran dan Al-Hadits.

Laporan Qori Musdhalifah, Batu Urib Taba

SEBAGAIMANA yang dilakukan para pendidik di PAUD Kelapa Kids. PAUD yang terletak di Jalan Kelapa, Kelurahan Batu Urib Taba, Kecamatan Lubuklinggau Timur I ini mengajak anak didik mengaji setiap akhir kegiatan pembelajaran. Anak dikenalkan huruf-huruf hijaiah, agar tumbuh menjadi manusia yang cinta Alquran.

“Kami yakin, banyak manfaat untuk anak didik dalam mengenal Al Quran. Diantaranya dapat mencerdaskan otak anak didik, dan menghindarkan anak dari perbuatan buruk. Selain itu, juga menenteramkan hati anak,” terang guru PAUD Kelapa Kids, Rina, kemarin.

Menurut dia, selain di PAUD hendaknya orang tua juga bisa meneruskan apa yang telah diajarkan di sekolah untuk diteruskan di rumah.

Karena, kata dia, untuk membentuk karakter anak muslim yang saleh dan salehah, tak bisa hanya mengandalkan sekolah. Dari keluarga dan lingkungan sekitar pun harus memberikan pendidikan.
Dengan cara itu, lanjut Rina, mudah-mudahan nantinya ketika dewasa anak-anak ini benar-benar dapat menjalani hidup sesuai dengan tuntunan Alquran.

“Mengaji ini salah satu penerapan pendidikan agama pada anak usia dini, yang bertujuan agar anak didik dapat mengenal Alquran sejak usia dini, dapat mencintai Alquran. Sebagai bekal anak untuk masa depan agar dapat menjalankan hidup di dunia sesuai dengan tuntunan Alquran dan lainnya,” tutur Rina.

Ia juga menjelaskan kegiatan mengaji adalah salah satu keunggulan dari PAUD Kelapa Kids.

“Kegiatan mengaji Iqra ini biasanya dilaksanakan setiap Senin hingga Rabu, sedangkan Kamis-Jumat digunakan untuk kegiatan hafalan doa-doa dan juz 30 Alquran,” jelasnya.

Biasanya mengaji Iqra dilaksanakan setelah kegiatan formal berakhir, dan anak dengan cara satu persatu mengaji Iqra didampingi guru-gurunya secara bergantian. (*)

JUDUL : Jalani Hidup Sesuai Tuntunan Alquran

Rekomendasi Berita