oleh

Biaya Sewa Kios Satelit Rp150 Ribu

LUBUKLINGGAU – 40 unit kios di komplek Pasar Satelit, Kelurahan Pasar Satelit, Kecamatan Lubuklinggau Utara I sudah ditempati pedagang. Sebagian besar pedagang lama yang menempati kios tersebut, dengan sistem sewa Rp150 ribu per bulannya ke Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau.

Pembangunan 40 unit kios yang berukuran 2×3 meter ini merupakan bantuan dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI. Bantuan tersebut diberikan sejak 2016, 2017 dan awal 2019 baru ditempati.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kota Lubuklinggau, H M Hidayat Zaini kepada wartawan, Kamis (24/1) mengatakan biaya sewa tersebut mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) No.14 Tahun 2010 tentang Pelayanan Pasar dan Retribusi.

“Sewa ini kemurahan, idealnya satu tahun Rp70 juta. Makanya kami mengajukan Perda ini untuk direvisi,” ungkap Hidayat Zaini.

Diakui mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Lubuklinggau ini, saat ini pihaknya gencar sosialisasi pasar kecamatan yang juga bantuan dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI. Namun, sebagian pedagang masih enggan menempati dengan alasan jalan menuju pasar belum memadai.

“Makanya kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Lubuklinggau untuk pembangunan jalan,” ungkap Hidayat Zaini.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengakui revisi perda tersebut sudah diajukan namun semua butuh proses.

“Sudah masuk tapi dikaji terlebih dahulu,” ungkap Rahman Sani. (nia)

Rekomendasi Berita