oleh

Biasakan Disiplin dan Jujur

Siswi SMP Xaverius Raih Nilai UNBK tertinggi

Nyaris setiap tahun, siswa-siswi SMP Xaverius Lubuklingagu meraih nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi se-Kota Lubuklinggau. Apa kiatnya.

Laporan Qori Musdalifah – Lubuk Aman

SUASANA SMP Xaverius Lubuklinggau, kemarin Jumat (25/5) sore tak seperti biasa. Selain pengumuman kelulusan, juga berlangsung pentas seni serta pelepasan siswa-siswi kelas IX tahun ajaran 2017/2018.

Kepala SMP Xaverius, FA Sumantri yang saya bincangi di sela-sela kegiatan, ia mengungkapkan kesyukurannya, sebab siswa-siswinya bisa meraih nilai UNBK tertinggi se-Kota Lubuklinggau.

“Walaupun rata-rata nilai UNBK tertinggi SMP Xaverius berada di urutan dua, setelah SDIT AN-Nida. Tetapi seluruh nilai tertinggi UNBK se-Kota Lubuklinggau, mulai dari peringkat 1, 2 dan 3 diraih oleh siswa-siswi SMP Xaverius,” terang FA Sumantri.

Bahkan, kata dia, peringkat 4,5,6, 9, 10 dan beberapa peringkat di 20 besar juga diraih siswa-siswnya.

FA Sumantri menerangkan, untuk nilai UNBK tertinggi pertama diraih Talitha Amanda Hartono dengan jumlah nilai 359,50, tertinggi kedua adalah Rendy Cholas Insagi dengan jumlah nilai 347,50, dan tertinggi ketiga diraih Justine Salim dengan jumlah nilai 347,00.

Menurutnya, pencapaian ini tidak terlepas dari hasil jerih payah dewan guru serta siswa SMP Xaverius selama ini.

Karena, kata Sumantri, tidak banyak hal yang dilakukan siswa ataupun guru kita dalam meraih hasil terbaik ini.

“Kami hanya selalu menegakkan kedisiplinan siswa dan guru serta selalu menegakkan kejujuran dalam hal apapun. Karena kedisiplinan adalah kunci pertama kesuksesan,” terang dia.

Disamping itu, lanjut FA Sumantri, persiapan yang dilakukan memang sangat maksimal, dimulai Januari 2018.

Oleh karena itu, Sumantri menghimbau kepada masyarakat Kota Lubuklinggau jangan takut menyekolahkan anaknya di SMP Xaverius dengan kedisplinan yang ketat. Karena terbukti dengan kedisiplinan yang ketat tersebut SMP Xaverius, siswa siswinya bisa meraih prestasi yang cemerlang.

Tidak hanya berturut menjadi peraih NIM tertinggi se-Kota Lubuklinggau tiap tahunnya. SMP Xaverius tiap tahunnya juga menghantarkan pelajarnya hingga tingkat Nasional dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN).
“Saya berharap dengan kerja keras dan usaha yang maksimal, SMP Xaverius dapat terus mempertahankan prestasi ini dan bisa selalu menjadi yang terbaik,” harapnya.

Sementara itu, peraih Nilai UNBK Tertinggi Talitha Amanda Hartono juga mengaku sangat bersyukur, senang, bangga bisa meriah nilai tertinggi tahun ini, dengan total nilai 359,50.

Remaja kelahiran Lubuklinggau, 27 Februari 2003 itu mengatakan tidak ada hal khusus dalam belajarnya selama ini, dirinya hanya mengikuti pesan papanya untuk giat belajar.

” Pesen papa hanya belajar dengan giat. Karena jika sudah belajar sudah giat pasti hasil bagus. Jika belum bagus berrti belum giat belajar dan masih ada yang kurang,” katanya saat menghadiri acara pelepasan siswa kelas IX SMP Xaverius, Jumat (25/5).

Talitha yang hobi membaca dan pernah mewakili provinsi Sumsel pada OSN IPS di tingkat Nasional ini sudah diterima di SMA Xaverius Lubuklinggau melalui jalur prestasi.

Setelah lulus SMA, putri pasangan Rudi Hartono dan Febrianti ini bercita-cita bisa melanjutkan pendidikan di jurusan kedokteran, agar bisa mewujudkan cita-citanya sebagai dokter
Berkenaan dengan momen pelepasan Siswa Kelas IX SMP Xaverius, dihadiri Koordinator Sekolah Xaverius Lubuklinggau Romo Fredy Bambang, Kepala SMA Xaverius IG Maryanto dan dewan guru dan orang tua wali siswa.

Acara yang dimulai pukul 15.00 WIB itu diwarnai penampilan akustik dengan vokal group, group band, musik tradisional, tari kreasi, dance modern, paduan suara dan lainnya yang sangat antusias menghibur tamu undangan yang hadir pada sore itu.

SMP Xaverius juga memberikan apresiasi dan piagam penghargaan kepada setiap juara kelas dan juara umum SMP Xaverius serta peserta didik putra dan putri terbaik SMP Xaverius. Dan acara diakhiri dengan pembagian amplop pengumuman kelulusan dan saling bersalam-salaman.

Sumantri mengucapkan terima kasih kepada orang tua wali yang telah mempercayakan anaknya untuk dididik di SMP Xaverius dan turut membantu dalam membimbing anaknya di rumah untuk terus belajar sehingga berprestasi.

Ia berpesan kepada peserta didik yang telah lulus untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, jangan lupakan almamater SMP Xaverius dan terus semangat meraih cita-cita dengan kreativitas dan integritas yang tinggi.(*)

Rekomendasi Berita