oleh

Biasakan Anak Tepat Waktu Tunaikan Salat Wajib

LINGGAU POS ONLINE, SIDOREJO – Salat Zuhur berjamaah menjadi kegiatan rutin yang wajib ditunaikan murid SD Terpadu Uswatun Hasanah. Hal itu dilakukan, untuk menanamkan semangat peserta didik jadi muslim yang menghayati dan mengamalkan ajaran Islam.

“Zuhur itu kan bagian dari lima kewajiban salat fardhu. Jadi kami tanamkan betul ke anak-anak. Mulai dari rukunnya, sampai teknis mengamalkannya. Agar dalam keseharian, mereka tertanam ketaatan akan perintah Allah SWT,” jelas Kepala SDT Uswatun Hasanah, Sri Wahyuni, Kamis (21/6).

Menurutnya, dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, ”Ajarkanlah anakmu tata cara salat ketika telah berusia tujuh tahun. Dan pukullah dia pada saat berusia sepuluh tahun (apabila meninggalkannya).”

Sri Wahyuni menegaskan, hadits ini menunjukkan dengan sangat jelas kepada kita bahwa mendisiplinkan anak salat dimulai pada usia tujuh tahun. Bukan usia sebelumnya.

“Jadi kita perlu memberi pendidikan iman, akhlak dan ibadah sedini mungkin. Namun, berikan pendidikan tepat pada waktunya,” saran dia.

Kegiatan salat berjamaah ini dilakukan, untuk pembentukan nilai karakter religius yang merupakan nilai karakter pertama yang harus diterapkan kepada peserta didik sejak dini dalam rangka untuk membangun moral bangsa.

“Kita semua tidak ingin memudarnya kebiasaan salat tepat waktu yang terkikis oleh kebiasaan memprioritaskan pekerjaan atau kegiatan dari pada menunaikan kewajiban salat terlebih dahulu,” terangnya.

Program kedua yang diprioritaskan SDT Uswatun Hasanah, kata Sri Wahyuni, yakni Tahfidzul Quran, dengan target selama pembinaan anak didik mampu menghafal minimal 2 juz Al Quran (Juz 29 dan 30).

Keistimewaan lainnya, SDT Uswatun Hasanah nantinya akan memiliki program MAS (Mondok Akhir Sekolah), di mana anak didik ketika kelas VI dididik untuk mandiri dan disiplin dengan cara mondok di sekolah layaknya pesantren. Dan melalui program mondok di sekolah, SDT Uswatun Hasanah akan mencetak anak didik yang terampil jadi muazin, imam salat dan penceramah. (AE02)

Rekomendasi Berita