oleh

Bias Fokus Imunisasi Rubella

LINGGAU POS ONLINE – Berkenaan dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Tahun 2019, murid SDIQ Ar Risalah Lubuklinggau akan mengikuti imunisasi Campak dan Rubella.

Hal itu dibenarkan Kepala SDIQ Ar Risalah Amrina Rosyada, Rabu (7/8). Imunisasi Campak dan Rubella ini diadakan Jumat (8/8) nanti. Pesertanya diproyeksi anak kelas I.

“Namun sifatnya kami tidak mewajibkan seluruh murid ikut. Kami sudah sampaikan surat untuk wali murid. Yang berkenan ikut nanti didata. Bagi yang tidak berkenan ikut, juga tidak kami paksa,” imbuh Amrina Rosyada.

Imunisasi Campak dan Rubella itu diadakan SDIQ AR Risalah sebagai tindak lanjut dari surat dari Puskesmas Citra Medika yang akan mengadakan BIAS ini.

“Kerja sama kami dengan Citra Medika sudah lama. Memang untuk pemberian vitamin A maupun imunisasi sering diadakan. Tapi tetap menyesuaikan dengan izin dari orang tua murid,” imbuhnya.

Imunisasi Campak dan Rubella ini diadakan untuk mencegah dua penyakit yang berbahaya ini.

Kepala Puskesmas Citra Medika Lubuklinggau, dr Dwiyana Sulistyanigrum menerangkan vaksin sangat penting dilakukan. Masyarakat perlu meningkatkan kesadaran bahwa penyakit campak dan Rubella merupakan penyakit menular dan berbahaya. Virus Rubella dapat menyebar melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh butiran liur di udara yang dikeluarkan penderita melalui batuk atau bersin.

Ia berharap, imunisasi Campak Rubella bisa jadi salah satu cara pencegahan dini. Sebab, Infeksi Rubella dapat menyebabkan cacat pada otak, jantung, mata, dan telinga pada bayi dan meningkatkan risiko keguguran dan stillbirth (bayi lahir mati). Sedangkan campak yang menyerang ibu hamil dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, atau bayi lahir mati.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menghilangkan penularan dan populasi virus campak dan Rubella di tahun 2020, Indonesia bebas penyakit campak dan Rubella.

Program imunisasi gratis ini juga mendapat dukungan dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization / WHO) dan United Nations Children’s Fund (UNICEF). Secara global, upaya memerangi wabah campak dan Rubella dapat mencapai pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)di sektor kesehatan global.

Komitmen penuh dari semua unsur pemerintah dan lapisan masyarakat untuk mendukung Indonesia dalam kampanye imunisasi ini sangat penting, agar wabah campak dan cacat bawaan saat lahir akibat Rubella dapat dicegah.(lik)

Rekomendasi Berita