oleh

Biar Tidak Banjir, Warga Karya Bakti Minta Gorong-gorong Diganti

LINGGAUPOS.CO.ID– Doni, warga RT.8 Kelurahan Karya Bakti Kecamatan Lubuklinggau Timur II, menjemur kursi-kursinya di depan rumah, Selasa (23/3/2021).

Kursinya basah, setelah Senin (22/3/2021) sore, siring di tepi rumahnya meluap, hingga merendam rumahnya. “Rumah saya terendam, tinggi air sampai 1 meter,” kata Doni.

Bukan hanya kursi, sepeda motor milik Doni juga harus masuk bengkel karena terendam air. “Sore itu, ada tangga yang membantu saya mengevakuasi barang-barang ke tempat lebih tinggi. Sepeda motor saya sudah dua kali harus masuk bengkel karena terendam,” tambah Doni.

Sementara itu Carli, yang saat ditemui sedang menjemur pakaian di depan rumahnya, mengatakan kasur miliknya yang basah akibat banjir sebelumnya, belum kering sempurna. “Kemarin sore terpaksa angkut-angkut,” katanya.

Carli, juga mengatakan tempat duduk-duduk dari semen di depan rumahnya, roboh digerus banjir tersebut. “Jalan kami pun sudah mulai mengelupas akibat banjir,” katanya.

Hal yang sama juga dikeluhkan Ibu Amria. “Setiap hujan was-was, takut air masuk ke dalam rumah,” kata Amria yang sedang membersihkan rumahnya dari sisa-sisa banjir.

Senada dikatakan Rudi, yang rumahnya paling ujung siring. “Saya sudah pernah menyampaikan ke pengembangan perumahan, agar dibenahi siringnya, dia bilang belum apa-apa. Padahal kami was-was,” kata Rudi, yang tembong bangunannya roboh akibat banjir.

Ketua RT.7 Karya Bakti, Riki Suyono menjelaskan penyebab banjir ini adalah gorong-gorong di tengah perumahan yang kecil. Ia pun menunjukkan gorong-gorong yang dimaksud.

Gorong-gorong itu di bawah jalan penghubung di dalam komplek perumahan, di atasnya juga dibangun pos kamling. Warga pun berinisiatif membongkar pos kamling tersebut, agar memperlancar arus air.

“Gorong-gorongnya kecil. Makanya saat ada air bah dari atas, tidak sanggup menyalurkan air,” katanya.
Oleh karena itulah, ia meminta kepada pihak pengembang agar membuat gorong-gorong yang besar. “Kalau besar, saya yakin tidak akan banjir. Sebab air dari atas semuanya melalui siring ini,” tambahnya.(*)

Rekomendasi Berita