oleh

Besok Nakes Divaksinasi Dosis Kedua

LINGGAUPOS.CO.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Empat Lawang, memastikan Kamis (18/2/2021) dilaksananakan vaksinasi dosis kedua tahap pertama dilaksanakan. Pendistribusian vaksin sudah dilaksanakan, Rabu (17/2/2021).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinkes Empat Lawang, Sulni melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Dery, “Iya besok kita laksanakan vaksinisasi dosis kedua untuk tenaga kesehatan. Vaksinnya sudah distribusikan hari ini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksin tahap dosis kedua ini merupakan lanjutan dari dosis pertama. Sekitar 524 orang tenaga kesehatan (Nakes) yang akan divaksin.

“Pelaksanaannya tetap sama di 11 titik Puskesmas dan rumah sakit. Sebanyak 524 orang nakes yang sudah divaksin menjadi peserta wajib dalam pelaksanaan vaksin kedua ini,” katanya.

Selain itu, Dery menuturkan, dalam pelaksanaan vaksinasi ini ada aturan yang membedakan. Para pengidap penyakit seperti darah tinggi, ibu menyusui, alumni covid, diabetes, maag dan lainnya juga bisa ikut divaksin.

“Darah tinggi bisa divaksin asalkan ambang batas tensi darahnya tidak lebih dari 180. Ibu menyusui boleh, alumni covid juga boleh asalkan sudah lebih dari 3 bulan. Diabetes boleh sepanjang belum ada komplikasi akut, pengidap maag juga boleh, dan penyakit-penyakit lainnya. Yang tidak boleh itu bagi pengidap auto imun atau yang sering kita kenal pengidap penyakit Lupus, tidakboleh divaksin,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3), dr Ivon pendistribusian vaksinasi covid-19 sebanyak 1.1411 vial.

“Sebanyak itu akan kita distribusikan ke 10 puskesmas dan satu RSUD Empat Lawang,” katanya

Ditambahkan Andi Staf Imunisasi mengatakan 1.411 vial itu jumlah vaksin yang distribusikan dan 1.000 vial memang sudah disiapkan untuk disuntikan untuk dosis kedua yang dimulai besok

“411 nya pengembalian dari puskesmas sisa suntikan tahap pertama kemarin dan itu kita bagikan lagi ke fasyankes (10 puskes dan 1 rsud) tapi belum tentu disuntikan semuanya,”Ungkapnya

Karena jelas Andi, vaksinasi ditahap pertama yang dimulai launching tanggal 4 kemarin ada sebanyak 562 orang yang sudah di vaksinasi

“Terdiri dari nakes, pendukung nakes,pejabat publik dan ada sebagian dari tni dan polri

Dan hari ini lanjutnya masing masing pihak puskemas telah menjemput vaksinasi di gudang penyimpanan vaksin dinas kesehatan yang langsung dikawal oleh TNI-Polri.(*)

Rekomendasi Berita