oleh

Besok KPU Sampaikan Hasil Verifikasi ke DPRD

Terkait PAW Toyeb

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – KPU Kabupaten Musi Rawas (Mura), segera memverifikasi perolehan suara hasil Pemilu legislatif 2014, Daerah Pemilihan (Dapil) IV untuk PAN. Tujuan kelengkapan syarat calon DPRD Kabupaten Mura dari Fraksi PAN, pengganti Toyeb Rakembang, sekarang ikut pencalonan Walikota Lubuklinggau.

Verifikasi yang dilakukan KPU Mura ini sebagai tindak lanjut surat DPRD Kabupaten Mura No.170/182/DPRD/2018 tentang Pemberhentian dan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Toyeb Rakembang. Ini sesuai dengan PKPU No. 6 Tahun 2017 tentang PAW.

Pada pasal 25 PKPU mengatur, bahwa KPU wajib melakukan verifikasi paling lama lima hari setelah diterimanya surat dari pimpinan DPRD. KPU Mura menerima surat dari pimpinan DPRD Mura, Sabtu (5/5), artinya KPU Mura mempunyai waktu untuk menindaklanjuti surat itu hingga Rabu (9/5).

“Besok (hari ini, red) kita mulai melakukan verifikasi dokumen yang ada, serta hasil perolehan suara di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu, Dapil IV, Kecamatan Tugumulyo, Selangit dan Terawas,” kata Supriadi, Komisioner KPU Mura Divisi Teknis, Senin(7/5).

Setelah dicek dilanjutkan Supri, pihaknya juga segera berkoordinasi dengan pengurus DPD PAN. Salah satunya, mengenai dua surat yang kita terima dari pengurus DPP PAN Kabupaten Mura. Ada dua surat, pertama terkait pemecatan peraih suara terbanyak kedua setelah Toyeb Rakembang, dan disusul surat terkait keputusan mahkamah DPP PAN.

Selesai memverifikasi dan koordinasi, KPU Mura segera melakukan rapat pleno. Rabu (9/5), KPU sudah bisa membalas surat dari DPRD serta melampirkan hasil verifikasi sesuai yang diminta oleh pihak DPRD.

Proses selanjutnya, Pimpinan DPRD membahas surat dari KPU Mura dan melanjutkan rekomendasi ke Bupati Mura untuk diteruskan ke Gubernur Sumsel, Alex Noerdin. DPRD Mura targetkan, Mei 2018 ini proses PAW Toyeb Rakembang selesai.

Sementara, Ketua DPD PAN Kabupaten Mura, Wahyu Sumadi membenarkan pihaknya sudah mengajukan surat PAW Toyeb Rakembang ke DPRD Mura.

“Ada satu nama sesuai rekomendasi DPP PAN, yakni Imawan Andriansyah. Saat ini kita menunggu proses verifikasi KPU Mura,” kata Wahyu Sumadi.

Diakuinya, lambannya proses PAW karena ada masalah di internal PAN. Masalahnya perolehan suara terbanyak kedua setelah Toyeb Rakembang, yakni Hendra, tapi sudah dipecat karena pindah ke partai lain. Sehingga yang direkomendasikan adalah suara terbanyak ke tiga, yakni Imawan Andriansyah.(13)

Rekomendasi Berita