oleh

Bertambah 4 Kasus Positif Covid19 di Lubuklinggau, Semua Transmisi Lokal

LINGGAUPOS.CO.ID – Ada penambahan 13 kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid19 di Sumsel. Sehingga total jumlah kasus positif mencapai 106 kasus, Jumat (24/4/2020).

Khusus di Lubuklinggau juga ada penambahan empat kasus positif, yakni kasus 94 laki-laki usia 20 tahun, kasus 95 perempuan 40 tahun, kasus 96 laki-laki 21 tahun dan kasus 105 perempuan 23 tahun. Semuanya transmisi lokal. Dengan jumlah ini, Lubuklinggau sudah memiliki tujuh positif Covid19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Sumsel, dr Zen Ahmad dalam pers rilis mengatakan tambahan 13 pasien terkonfirmasi positif, tercatat sebagai kasus dengan nomor 94 hingga106. Mereka berasal dari Lubuklinggau (Kasus 94,95, 96 dan 105), Lahat, Prabumulih, Ogan Ilir, dan Palembang.

“Status kasus sendiri mayoritas penularannya secara transmisi lokal. Hanya ada dua yang imported cases, yakni kasus nomor 97 asal Lahat, dan nomor 99 asal Ogan Ilir,” katanya, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya, ada penyebab terjadinya peningkatan kasus terkonfirmasi di Sumsel ini. Pertama yakni petugas berhasil melakukan tracing terhadap orang yang menjalin kontak erat dengan sejumlah pasien positif Covid19 sebelumnya.

“Lalu yang kedua, bisa juga terjadi penularan dari orang-orang tanpa gejala atau OTG secara transmisi lokal,” katanya.

Ditambahkan Zen, selain itu terdapat 1.179 orang yang masih dalam pemantauan (ODP) dan 69 pasien yang masih menjalani perawatan atau dalam pengawasan (PDP). Selain itu, terdapat 252 sampel spesimen yang masih dalam proses pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

“Dengan ini, total terdapat 106 kasus COVID-19 di Sumsel. lima di antaranya dinyatakan sembuh, dan tiga orang meninggal dunia,” katanya.

Kemudian, atas tambahan kasus yang cukup signifikan ini, pihaknya kembali mengimbau agar masyarakat dapat patuh menerapkan physical distancing, selalu menggunakan masker, rutin mencuci tangan, dan cukup istirahat untuk mencegah penularan Covid19. (*)

Sumber: Okezone

Rekomendasi Berita