oleh

Berpotensi Muncul Calon Independen

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Bakal Calon Kepala Daerah (Balonkada), yang ingin maju dalam gelaran Pilkada Empat Lawang tahun 2018 mendatang, minimal harus mengumpulkan 18.147 dukungan. Rinciannya berupa surat dukungan dilampirkan fotokopi KTP masyarakat, jika ingin lolos maju sebagai Calon Kepala Daerah (Cakada).

“Syarat mutlak tersebut harus dipenuhi Balonkada, jika punya niat maju sebagai Cakada di Pilkada Empat Lawang, mendatang. Bukan hanya fotokopi KTP saja, ada formulir yang harus diisi masyarakat pendukung dan formulirnya sudah bisa di-download. Kemudian diisi dan dilampirkan fotokopi KTP. Satu orang satu dukungan,” jelas Ketua KPU Empat Lawang, Mobius Alhazan kepada wartawan, Jumat (3/11).

Menurut mantan wartawan di salah satu media harian regional Sumsel tersebut, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) No. 1 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati dan/Wali kota dan Wakil Walikota Tahun 2018, pengumuman syarat dukungan minimal calon independen dijadwalkan pada 9 hingga 22 November mendatang.

“Kalau secara resmi, pengumuman itu dilakukan oleh KPU di seluruh Indonesia, penyelenggara Pilkada serentak 2018 mendatang,” ungkapnya.

Mobius menyebut ada potensi pada pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Empat Lawang mendatang, akan diikuti oleh calon independen. Bahkan sebut dia, pihaknya sudah kedatangan tim sukses dari Balonkada yang berkonsultasi ingin maju sebagai calon independen.

“Tentu saja kita menyambut baik ini. Dan sejauh ini, sudah ada tiga Balonkada yang berkonsultasi ke kita, menanyakan syarat-syarat maju sebagai Cakada di Pilkada Empat Lawang, dua orang yang ingin maju dari parpol dan satu orang maju sebagai calon independen. Kalau yang dari independen, itu baru timnya saja,” terangnya.

Dia pun berpesan, sebagai lembaga resmi yang akan menyelenggarakan Pilkada di Kabupaten Empat Lawang, pihaknya siap melayani pihak yang ingin berkonsultasi, terkait pelaksanaan Pilkada mendatang.

“Silakan datang ke Sekretariat KPU. Kami siap melayani konsultasi dan kami siap menerangkan apapun berkaitan dengan Pilkada mendatang,” katanya. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita