oleh

Berkas Toyeb-Sofian Masuk Verifikasi Faktual

Selisih 111 Dari Ambang Batas Minimum

“Dukungan H Toyeb Rakembang-Sofian akan ditanyakan satu-satu oleh petugas PPS, guna mengenai kebenarannya,”kata Seketaris Pokja Silon, Misran Ayudi.

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, telah selesai melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas pencalonan calon perseorangan atas nama H Toyeb Rakembang-Sofian.

Berdasarkan hasil verifikasi tersebut di temukan ada 291 dukungan yang tidak memenuhi syarat, jadi syarat dukungan yang memenuhi syarat hanya 15.582. Namun, ketika di upload ke sistem Informasi Pencalonan (Silon) ditemukan satu dukungan yang ganda identik, maka yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 15.581 dukungan. Dikarenakan masih memenuhi ambang batas minimum yang sudah ditetapkan oleh KPU Kota Lubuklinggau, yakni di atas 15.470 dukungan.

Ketua Pokja Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU Kota Lubuklinggau, yang merupakan Divisi Logistik, Efrizal didampingi Sekretaris Pokja, Misran Ayudi mengatakan kalau syarat dukungan tersebut akan segera diverifikasi faktual oleh KPU melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), mulai 12 Desember hingga 25 Desember 2018.

Menurutnya, metode verifikasi faktual kali ini beda dengan biasanya, karena petugas PPS akan mendatangi satu persatu masyarakat yang sudah memberi dukungan.

“Di sini akan ditanyakan satu-satu oleh PPS, mengenai kebenaran dukungan yang sudah diberikan oleh masyarakat,” katanya, Sabtu (8/12).

Dilanjutkannya, ketika dalam verifikasi ditemukan ada masyarakat yang merasa tidak memberi dukungan, akan mengisi form yang sudah di bawah, berupa surat pernyataan kalau tidak memberi dukungan.

“Secara otomatis dukungan tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Masih dikatakannya, ketika PPS sudah melakukan verifikasi faktual, hasilnya diserahkan ke PPK, dan PPK melakukan rapat pleno menghitung hasil verifikasi faktual yang sudah dilakukan PPS. Selanjutnya, pada 26 Desember datanya sudah harus ada di KPU Kota Lubuklinggau. Selanjutnya, KPU Kota Lubuklinggau melakukan rapat pleno, guna menentukan apakah syarat pencalonan H Toyeb Rakembang-Sofian memenuhi syarat atau tidak. Bila tidak memenuhi syarat, masih ada waktu untuk melakukan perbaikan pada 18 Januari hingga 20 Januari 2018.

“Namun, jumlah dukungan yang diperbaiki harus dua kali lipat dari kekurangan. Misalnya, ada seratus dukungan yang tidak memenuhi syarat, maka kandidat harus menyerahkan dua ratus dukungan, begitu selanjutnya,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita