oleh

Berkas Pendaftaran Bacaleg Demokrat Diterima KPU

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Partai Demokrat Kabupaten Musi Rawas (Mura) mendaftarkan 40 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), untuk maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Proses pendaftaran dilakukan langsung Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Mura, H Abu Heri, Selasa, (17/7).

Saat datang ke sekretariat KPU Mura, H Abu Heri didampingi beberapa Bacaleg, termasuk yang saat ini duduk di parlemen, yakni Mansyur Daniel, Alamsyah A Manan, Siswantora dan Ismun Yahya.

Menurut Abu Heri, Bacaleg yang didaftarkan ke KPU Mura sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, salah satunya memenuhi 30 persen kuota perempuan di setiap Daerah Pemilihan (Dapil).

Dapil I Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Muara Beliti dan Jayaloka dengan alokasi 6 kursi, Demokrat ada 2 Bacaleg perempuan. Dapil II yang meliputi Kecamatan Tugumulyo dan Purwodadi dengan alokasi 6 kursi, dengan 3 Bacaleg perempuan. Dapil III, meliputi Kecamatan Selangit, Terawas dan Sumberharta dengan alokasi 7 kursi, ada 3 Bacaleg perempuan. Dapil IV, meliputi Kecamatan Megang Sakti dengan alokasi 6 kursi, juga terpenuhi 3 Bacaleg perempuan.

Selanjutnya Dapil V, meliputi Kecamatan Muara Kelingi dan Muara Lakitan dengan alokasi 8 kursi, terisi 3 Bacaleg perempuan. Dapil VI yang meliputi Kecamatan Tuah Negeri, Sukakarya dan BTS Ulu dengan alokasi 7 kursi, diajukan 3 Bacaleg perempuan. Secara keseluruhan ada 17 Bacaleg perempuan yang dicalonkan, dari 40 Bacaleg yang sudah didaftarkan ke KPU Kabupaten Mura.

Ketua KPU Kabupaten Mura, Ach Zain menjelaskan proses berkas pendaftaran yang diajukan Partai Demokrat sudah diterima dan sudah diberikan tanda terima. Tetapi belum ditetapkan sebagai Caleg yang sudah memenuhi syarat. Karena berkas yang diterima akan diverifikasi.

Apabila masih ada syarat-syarat yang kurang, diminta kepada Parpol untuk melengkapi persyaratan Bacaleg-nya, sebagaimana diatur oleh Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pemilihan Umum, dan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan.

Sebab, pada 5 Juli-18 Juli KPU Kabupaten Mura melakukan verifikasi terhadap persyaratan yang sudah diserahkan Parpol peserta Pemilu, dan hasilnya akan disampaikan pada 19 -21 Juli 2018. Bila ada syarat yang kurang, ada waktu untuk Bacaleg untuk memperbaiki syarat yang kurang dalam rentang waktu 22 Juli-31 Juli 2018. Kemudian, KPU Kabupaten Mura kembali melakukan verifikasi terhadap berkas yang sudah diperbaiki pada 1-7 Agustus 2018. Selanjutnya, 8-12 Agustus 2018, akan dilakukan penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS), untuk DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Mura, yang akan diumumkan secara terbuka kepada masyarakat, pada 12-14 Agustus 2018.(01)

Rekomendasi Berita