oleh

Berkas Dukungan Toyeb-Sofian Melenggang

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Tim Verifikasi Administrasi Pasangan Calon (Paslon) perseorangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, masih melakukan pemeriksaan administrasi terhadap berkas H Toyeb Rakembang-Sofian, Rabu (6/12).

Ketua Pokja Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU Kota Lubuklinggau, Efrizal melalui operatornya, Frans Budi Utama mengatakan kalau penelitian administrasi syarat dukungan H Toyeb Rakembang-Sofian sebentar lagi selesai dalam hitungan jam.

“Insya Allah, hari ini (6/12) sudah kelar semua,” katanya.

Menurut dia, ketika ada syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat akan langsung dicoret tim KPU Kota Lubuklinggau. Dan syarat dukungan tersebut, tidak ikut difaktualkan.

“Tapi, walaupun syarat dukungan Toyeb-Sofian di bawah ambang batas minumum kita (15.470), verifikasi faktual tetap dilakukan. Namun, untuk jadi peserta Pilkada mereka harus melengkapi syarat yang kurang,” jelasnya.

Kemudian, syarat dukungan yang kurang tersebut harus dilengkapi, bahkan hingga dua kali lipat. Misalnya, ketika dilakukannya verifikasi administrasi dan faktual ternyata syarat dukungannya kurang 1.000 dukungan, maka H Toyeb Rekembang-Sofian harus menyerahkan syarat dukungan sebanyak 2.000 dukungan.

Untuk diketahui, KPU bakal membatalkan syarat dukungan yang ganda hingga tidak cocok dengan yang ada di Silon termasuk dukungan dari anggota TNI, Polri, PNS serta penyelenggara Pemilu hingga perangkat desa/kelurahan. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita